Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Merangsang Kreativitas Anak Lewat Bermain Sambil Belajar

Dunia anak identik dengan bermain, karena 80% kegiatan anak dipenuhi oleh permainan. Pilih permainan anak yang tepat, dan disesuaikan dengan hobi & bakat anak yang mampu menstimulasi daya imajinasi anak jadi lebih berkembang dan merangsang kreativitas. Beberapa ahli anak berpendapat bahwa kreativitas mencapai puncaknya di usia antara 4 tahun - 4,5 tahun. Anak usia prasekolah memiliki imajinasi yang amat kaya sedangkan imajinasi merupakan dasar dari semua jenis kegiatan kreatif. Mereka memiliki kreativitas alamiah yang tampak dari perilaku seperti sering bertanya, tertarik untuk mencoba segala sesuatu, dan memiliki daya khayal yang kuat (Kak Seto).

Featured Story

Asupan Alami Ini Efektif Menaikkan Trombosit Anak

 

Melihat efek dari permainan memegang peranan penting dalam mengembangkan otak serta kreativitas, maka sebaiknya Mom tidak membatasi jenis permainan pada satu atau dua jenis permainan saja. Akan lebih baik jika anak diberikan kesempatan untuk merasakan permainan luar ruang juga agar semakin kaya pengalaman dan belajar lewat alam. Tawarkan anak permainan yang variatif dan menyenangkan. Permaianan juga bisa Mom lakukan dalam kegiatan sehari-hari seperti ketika makan, kenalkan nama-nama makanan dari berbagai daerah, atau bahan makanan yang ada di piring anak. Tunjukkan nama–nama benda di restoran serta di meja makan. Mempelajari jenis profesi pekerjaan juga bisa Mom lakukan ketika makan di restoran. Mulai dari koki yang memasak makanan, terutama jika Mom makan di restoran dengan konsep open kitchen. Profesi pelayan yang menerima order makanan serta kasir yang bertugas menghitung bon makanan. Minta bantuan anak untuk memanggil pelayan dan meminta bon makanan secara tidak langsung, anak belajar berani untuk berbicara dan mampu menyampaikan maksudnya kepada orang dewasa. Tanpa disadari, dari perjalanan ke restoran tersebut anak pun belajar mengenai banyak hal.

 

Sehubungan dengan menggali kreativitas anak, salah satu buku yang bagus untuk Mom koleksi adalah The Toddler's Busy Book: 365 Creative Learning Games and Activitied to Keep Your 11/2-to 3 Year Old Busy, karangan Trish Kuffner. Anak balita yang sedang aktif dan mudah bosan memang menjadi tantangan, maka Trish memberikan ide 365 kegiatan yang bisa dilakukan bersama ( 1 kegiatan baru setiap hari selama setahun). Kegiatan ini mencakup crafting, kegiatan indoor dan outdoor, permainan yang cocok ketika dalam perjalanan panjang hingga menstimulasi keingintahuan anak tentang bahasa, matematika dan motorik tangan. Mengutip tulisan Trish Kuffner, "Masa balita merupakan tahap yang berharga dalam kehidupan kedua orangtua dan anak. Dan satu yang dapat dinikmati jika Anda siap untuk memperlambat sedikit, sering duduk di lantai, sering memungut mainan dilantai agar anak tidak terpeleset".

 

Kreativitas adalah sebuah proses yang yang jika tidak dipupuk maka bakat tersebut tidak akan berkembang, bahkan menjadi bakat terpendam, yang tidak dapat diwujudkan. Nikmati perjalanan kehidupan anak sembari Mom menggali bakat terpendamnya sehinga kreativitas anak pun berkembang maksimal.

Diah Pramesti
setuju meski bermain tetap hrs diselipkan materi pembelajaran
Diah Pramesti
hrs pilih permainan yg mencerdaskan
Explore More

Jadikan Tempat Wisata di Indonesia ini...

Article- 10 Nov 2017

Trik Menghadapi Anak Yang Suka Terlambat

Tips & Trick- 21 Aug 2013

Haruskah Kakak Selalu Mengalah Kepada...

Article- 21 Dec 2016