Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Merencanakan Pesta untuk Anak

Pada usia 1 hingga 2 tahun, umumnya anak belum memahami apa arti ulang tahun. Ia hanya senang melihat begitu banyaknya keramaian yang terjadi dan mainan yang diterimanya. Ketika ia memasuki masa prasekolah (3-4 tahun) anak mulai mengerti arti berulang tahun. Saat inilah beberapa anak sudah bisa meminta untuk dibuatkan sebuah pesta ulang tahun.

Featured Story

Kegiatan Seru di Alam Terbuka

Ide Pesta Anak

Menentukan tema dan bentuk pesta sebaiknya disesuaikan dengan usia anak karena tidak semua jenis pesta cocok untuknya. 

- Usia 3 tahun: Tema playland cocok untuk anak usia 3 tahun, karena mereka senang bernyanyi dan meniru berbagai gerakan.

- Usia 4 tahun: Tema seru seperti bajak laut atau petualangan cocok untuk anak usia ini karena mereka sudah bisa mengikuti arahan dan sangat suka berimajinasi.

- Usia 5 tahun: Kemampuan motorik halus mereka semakin baik sehingga tema yang lebih bersifat crafty atau kerajinan tangan akan mereka sukai. Misalnya membuat benda seni bersama menggunakan kertas, kertas warna-warni, bahkan tanah liat.

- Usia 6-8 tahun: Di usia ini anak sudah paham tema apa yang mereka inginkan untuk pesta ulang tahun. Bagi anak-anak sekolah, yang penting adalah berapa banyak teman yang datang. Pesta kebun bisa menjadi pilihan yang menarik.

Merencanakan Pesta Bersama

Mom dan Dad sebelumnya harus sepakat mengenai berapa budget yang disiapkan untuk pesta ulang tahun ini. Begitu juga dengan penentuan tempatnya. Baru setelah itu Mom dapat merencanakan pesta untuk si kecil. Apa saja langkah-langkahnya?

  1. Libatkan anak dalam merencanakan pesta. Mulai dari tema dan memilih peralatannya. Anak justru senang jika dilibatkan, terutama saat diminta pendapatnya. Tanyakan padanya, ia ingin tema seperti apa dan sesuaikan dengan lokasi yang sudah Mom dan Dad tentukan sebelumnya. 
  2. Persiapkan dengan matang. Ada baiknya merencanakan pesta ulang tahun ini tidak dadakan, minimal sebulan sebelumnya agar persiapannya juga cukup matang. Buatlah checklist atau daftar tugas-tugas yang harus dikerjakan bersama-sama.
  3. Minta bantuan orang terdekat. Mengadakan pesta untuk anak memang bisa jadi merepotkan jika dikerjakan sendiri atau hanya berdua dengan Dad. Apalagi jika Mom dan Dad bekerja di kantor. Mom bisa minta bantuan orang terdekat seperti adik atau kakak untuk membantu beberapa hal dalam persiapan pesta.
  4. Membuat daftar undangan. Mintalah daftar nama teman-teman anak dari guru sekolahnya. Undangan lain yang dapat ditambahkan adalah dari keluarga dekat. Kirimkanlah undangan minimal 2 minggu sebelum acara berlangsung.
  5. Berikan sentuhan istimewa. Agar anak merasa pestanya berbeda dibandingkan pesta temannya, berikan sentuhan istimewa seperti dekorasi khusus buatan Mom, melakukan permainan mencari harta karun, atau mengadakan acara memukul piñata (boneka yang digantung, yang ketika dipukul akan pecah mengeluarkan beraneka permen dan confetti).

Selain itu Mom, jangan lupa mencatat jumlah para pengantar (orangtua atau babysitter) untuk mengatur konsumsi pesta. Mereka juga sebaiknya diberi tempat duduk untuk memperhatikan anak-anak saat beraktivitas. Have fun!

Susi Erna Wati
Wah bagus sekali
Susi Erna Wati
Nice
Explore More

Inilah Tipe Pola Asuh Yang Ampuh...

Tips & Trick- 31 Oct 2016

Kegiatan Bareng Remaja

Tips & Trick- 30 Oct 2012

Kalah Itu Hal Biasa, Nak!

Article- 08 Dec 2014