Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Minimalkan Risiko Sakit

Cara paling mudah untuk jauh dari risiko tertular atau terkena sakit adalah dengan pencegahan. Saat anak ada di bawah pengawasan Mom dan Dad, misalnya di rumah, lebih mudah untuk melakukan pencegahan. Tapi tentu Mom tak bisa selalu mengawasinya setiap saat, misalnya saat ia bersekolah atau bermain bersama teman. Bisa jadi juga karena Mom dan Dad bekerja.

Featured Story

Asupan Alami Ini Efektif Menaikkan Trombosit Anak

 

Tanpa mengurangi kesempatan anak bereksplorasi dan berinteraksi dengan lingkungannya, Mom bisa kok tetap menjaga kesehatan anak. Salah satu caranya dengan membiasakan anak melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat mulai dari rumah. Harapannya, kebiasaan-kebiasaan ini juga akan diterapkan anak saat ia di luar pengawasan orangtuanya.

 

Beberapa kebiasaan sehat ini misalnya:


1. Mencuci tangan dengan air dan sabun, terutama sebelum makan, selesai bermain, dan sebelum tidur. 


Mom dapat membantu dengan: Menyediakan sabun cair di wastafel dan mengajarinya mencuci tangan yang benar, atau membekalinya dengan tisu antiseptik untuk membersihkan tangan saat kotor di mana saja


2. Jangan jajan sembarangan, terutama jenis makanan yang berminyak, minuman bersoda, atau camilan yang banyak mengandung garam dan MSG.


Mom dapat membantu dengan: Membuatkan atau menyediakan camilan sehat di rumah agar anak tidak terlalu ingin jajan


3. Banyak bergerak, misalnya dengan bermain aktif dan berolahraga. Jangan hanya duduk bermain komputer dan gadget atau menonton televisi. Beraktivitas fisik yang cukup akan mencegah obesitas pada anak.


Mom dapat membantu dengan: Memberikan alternatif aktivitas fisik yang dapat dilakukan anak, misalnya membelikan bola sepak untuk dimainkan bersama teman-temannya. 


4. Tidak berbagi pemakaian barang pribadi dengan orang lain, seperti handuk dan sikat gigi di rumah atau sendok-garpu dan botol minuman di sekolah. 


Mom dapat membantu dengan: Memberi label di barang-barang pribadi anak


5. Merapikan mainan dan barang-barangnya setelah selesai pakai. Barang-barang yang tertata dan tersimpan rapi dapat mencegah debu atau kotoran menumpuk.


Mom dapat membantu dengan: Memberi contoh penataan yang baik dan kotak-kotak penyimpanan mainan.

Sri Utami Saroh
terima kasih infonya
Ika Larasati
Kebiasaan baik sangat berpengaruh terhadap kesehatan
Explore More

Mari Mengenali Emosi Anak

Article- 10 Feb 2014

Mendongeng di Kala Hujan

Article- 27 Nov 2015

Jika Anak Mogok Sekolah

Article- 21 Aug 2013