Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Musik, Hiburan yang Bermanfaat

Featured Story

Jenis Permainan Yang Dapat Meningkatkan Kreativitas Anak

Sejak lahir sampai berusia 5 tahun, otak anak berada pada masa keemasannya. Pada masa ini, orangtua berkesempatan untuk memberikan rangsangan tepat yang akan mampu mengoptimalkan perkembangan anak. Musik adalah salah satunya. 

 

Musik dan Khasiatnya

Tahukan Mom, ada banyak penelitian yang dilakukan untuk menguji manfaat musik bagi perkembangan otak anak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa musik bermanfaat untuk peningkatan kemampuan berpikir, termasuk di dalamnya kemampuan memecahkan masalah, menarik kesimpulan, kemampuan membandingkan, kemampuan menganalisis, melakukan sintesis, dan membuat evaluasi suatu situasi atau kondisi tertentu. 

 

Peneliti menemukan bahwa anak yang belajar musik mengalami peningkatan pada IQ-nya. Anak-anak yang belajar musik juga meningkat daya ingat, kemampuan bahasa, dan kemampuan matematikanya. Hal ini dikarenakan, saat mengambil pelajaran musik, anak-anak akan terlatih pendengarannya, yang akan merangsang kerja saraf motorik dan sensorik di dalam korteks otak mereka. 

 

Musik ternyata juga bisa membantu anak meningkatkan kemampuan akademisnya dalam hal membaca dan menyusun kalimat. Berkembanganya kemampuan ini disebabkan adanya respons saraf ke alunan musik. Respons ini disebarkan ke seluruh rangkaian otak. Di dalam otak, proses interpretasi musik dan bahasa memiliki proses yang sama. Oleh karena itu, pemacuan musik ini akan bersinggungan juga pada kemampuan berbahasa, termasuk membaca.

 

Manfaat dari musik tadi juga dapat dioptimalkan dengan mnejadikan musik sebagai salah satu sarana untuk belajar. Misalnya, anak dapat belajar bahasa asing sambil bernyanyi. Melalui aktivitas bernyanyi, anak akan lebih bergembira sehingga proses belajar pun berlangsung lebih baik. 

 

Pentingnya Musik untuk Anak

Menurut Monty P. Satiadarma, MS/AT, MCP/MFCC, Psi, penulis buku Terapi Musik, idealnya orangtua menciptakan lingkungan yang musikal bagi anak. Karena musik mempengaruhi perasaan seseorang akan dirinya sendiri, musik membantu pertumbuhan serta perkembangan anak, memberikan pengasuhan, dan sebagainya. Monty juga menyarankan agar orangtua mendorong anak untuk belajar musik. 

 

Untuk mendapatkan efek manfaat maksimal dari musik, penting bagi Mom dan Dad untuk membantu anak belajar menghargai dan menginterpretasikan musik itu sendiri. Tak cukup bagi anak hanya sekadar mendengarkan musik saja, tapi ajaklah anak berbicara tentang pengalaman mereka saat mendengarkan musik tersebut. Seperti apa yang mereka rasakan, apa yang mereka pikirkan, dan bagaimana pendapat mereka tentang musik yang mereka dengarkan.  

 

Cara paling mudah tentu saja adalah dengan mendengarkan musik bersama-sama dengan anak. Dengan cara ini Anda dan anak akan berbagi pengalaman bersama, yang juga akan bisa meningkatkan bonding orangtua dan anak. Pada masa pertumbuhannya, anak membutuhkan lebih dari sekedar kehadiran Mom dan Dad. Dengan berbagi pengalaman, Mom dan Dad juga memberinya perhatian, bimbingan, dan rasa nyaman yang dibutuhkannya untuk tumbuh dewasa. 

 

Yuk Mom, ajari anak untuk mencintai musik!

Iis Iswati
Thanks bun :)
Sri Utami Saroh
benar sekali, dengan bermain musik, pikiran anak juga makin fresh, tidak terlalu terbebani dengan pelajaran di sekolah
Explore More

Etika Bermedia Sosial

Article- 13 Dec 2017

Merencanakan Liburan

Tips & Trick- 07 Jun 2012

Beberapa Faktor Penyebab Anak Cengeng

Article- 17 Sep 2014