Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Nutrisi Tepat untuk Anak Aktif

Featured Story

Manfaat Membacakan Cerita Kepada Anak

Pada dasarnya setiap anak membutuhkan hal yang sama, yaitu makanan sehat dengan nutrisi seimbang. Namun, kebutuhan masing-masing anak berbeda sesuai dengan usia dan tingkat aktivitasnya. Menurut Mitzi Dulan, MS, CSSD, penulis The All-Pro Diet: Lose Fat, Build Muscle, and Live Like a Champion, semakin besar usia anak, semakin besar asupan kalori yang dibutuhkannya, namun jenis asupan yang mereka butuhkan tidak jauh berbeda. 

 

Sebagai orangtua, Mom dan Dad perlu ingat bahwa faktanya tubuh anak memiliki kemampuan untuk mengatur dan mengolah sendiri nutrisi yang masuk ke tubuhnya sesuai dengan kebutuhannya. Namun, Mom juga harus memastikan bahwa anak mendapatkan cukup asupan protein, vitamin, dan mineral yang seimbang, misalnya dengan cara berikut ini:

1. Jika anak Mom adalah tipe yang sangat aktif, bahkan sering berolahraga, dan menjadi atlet sekolah, pastikan Mom selalu menyediakan camilan dengan kalori yang lebih besar dibandingkan anak lain yang kegiatannya biasa saja. Camilan itu bisa berupa sandwich dengan isi tomat, daun selada, dan keju, atau jus yang terbuat dari 100% buah segar. 

2. Perhatikan porsi makannya. Anak yang terlalu kenyang akan merasa malas untuk beraktivitas, namun bila perutnya lapar ia cenderung ingin menyantap jajanan, yang biasanya mengandung gula dan kalori tinggi. Sebagai gambaran, porsi anak-anak biasanya setengah porsi makanan orang dewasa. 

3. Jangan lupakan asupan cairannya; bukan minuman soda atau sirup, melainkan air putih, susu, atau jus buah tanpa campuran gula. Sebagai gambaran, anak usia 1 – 8 tahun membutuhkan 4 – 5 cangkir (berukuran ±200 ml) cairan per hari, sedangkan anak berusia 9 – 18 tahun membutuhkan cairan sebanyak 8 – 11 cangkir. 

4. Dengan memastikan asupan gizinya seimbang Mom juga menjaga tubuh anak menjadi lebih kuat dan sehat sehingga lebih sulit terserang sakit. Namun sebagai langkah pencegahan, sediakan OBH Combi Anak Batuk plus Flu dalam kotak obat di rumah untuk berjaga-jaga seandainya si kecil terserang gejala flu dan batuk. OBH Combi Anak Batuk plus Flu membantu meredakan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat yang disebabkan alergi, dan menurunkan demam. Jika sakit berlanjut lebih dari 72 jam, segera hubungi dokter.

Sri Utami Saroh
walaupun makannya sedikit tetapi bergizi, itu akan membantu mempercepat pertumbuhan anak
Sri Utami Saroh
terima kasih tips dan informasinya min, sangat bermanfaat sekali
Explore More

Tips Bangun Kepercayaan Diri pada Anak

Article- 10 Nov 2017

Agar Anak Lebih Terbuka pada Orangtua

Tips & Trick- 16 Feb 2016

Vitamin Penunjang Pertumbuhan Anak

Article- 29 Mar 2017