Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Pengalaman (dan Pelajaran) Baru untuk Si Kecil, Memasak!

Mom sesekali mengajak si kecil ke dapur untuk membantu memasak tidak apa-apa loh. Hal ini bukan hanya memberikan pengetahuan baru baginya, tapi kegiatan memasak bisa disulap untuk menjadi salah satu kegiatan yang bisa memberikan waktu mengobrol bagi Mom dan si kecil.

Featured Story

Agar Anak Lebih Terbuka pada Orangtua

Namun, kadang kala si kecil merasa bosan ataupun mom takut untuk mengikutsertakan mereka di kegiatan memasak tersebut. Berikut tipsnya

1. Pilihlah menu yang proses memasaknya tidak terlalu lama juga tidak terlalu susah

Berikut beberapa contoh menu untuk bisa diajarkan pada si kecil:

  • Home made Pizza (adonan bisa dibeli di supermarket terdekat)
  • Spagethi
  • Rumball
  • Crocket kentang
  • Salad buah
  • Es buah dan Jelly

2. Ajak pilih menu dan berbelanja. Tanyakan padanya menu apa yang ia pilih dan ajak dia untuk berbelanja untuk menyiapkan bahan-bahan memasak. 

3. Siapkan peralatan yang diperlukan dan siapkan meja kecil untuknya

4. Pakaikan appron dan topi chef. Pakaikan appron pada si kecil dan jika perlu buatkan topi ala chef untuk dipakainya agar dia lebih merasa menjadi koki kecil

5. Berikan kesempatan padanya untuk mencoba memasak, misalnya ketika membuat pizza siapkan 1 adonan untuk si kecil dan berikan contoh padanya cara meletakkan topping pizza diatas adonan yang telah tersedia. Dengan demikian ia akan merasa diikut sertakan.

6. Lalu berikan pertanyaan padanya seputar masakan tersebut. Misalnya: pizza berasal dari negara mana, lalu apa sejarah dari makanan tersebut. Hal ini bertujuan agar dia juga belajar hal baru tentang suatu daerah atau negara melalui suatu masakan. 

7. Setelah itu ajak dia untuk mengatur meja untuk makan malam keluarga. Dengan mengatur meja makan bisa mengajarkan padanya tanggung jawab dan kesempatan untuk melayani anggota kelurga lain. 

8. Terakhir, berikan pujian atas masakan yang dibuatnya. Reward berupa pujian adalah hal yang diperlukan agar dia merasa apa yang dikerjakannya adalah baik dan membuat orang lain senang. 

Moms selain memberikan pengalaman baru, kegiatan memasak bersama ini bisa juga sebagai salah satu cara untuk bisa mengajak si kecil mengobrol dan mengetahui dia lebih dekat lagi. Tapi perlu diingat Mom tips memasak ini untuk si kecil yang sudah berusia 6 tahun ke atas yah... Selamat mencoba :)

 

Mia Triana
YA ANAK Q JG SUKA APALGI KLAU BUAT DONAT,WAH RAME.....
Fifin Sonata
wah..bener tuh si kecil sy yg masih 3 tahun hapal deh kl saya mau bikin donat.karena saya sering bikin donat aneka toping
Explore More

Berbagai Kegiatan Efektif Dengan Remaja...

- 24 Oct 2012

Anak Disleksia pun Bisa Percaya Diri, Lho!

Article- 10 Nov 2017

Yuk, Menyusun Resolusi Tahun Baru, Nak!

Article- 16 Dec 2015