Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Pentingnya Menanamkan Nilai Moral Pada Anak Sejak Dini

Mom, memberikan edukasi kepada anak mengenai nilai moral sejak dini itu banyak manfaatnya, lho. Dengan memahami sekaligus mengamalkan moral baik dalam kehidupan sehari-hari, anak Mom dapat tumbuh menjadi pribadi yang tangguh, sukses, dan bisa dibanggakan.

Featured Story

Ajarkan Anak Mau Berbagi Sejak Dini

 

Saat melatih anak mengenai berbagai moral yang baik, anak Mom juga dapat mempelajari banyak hal. Mulai dari hubungan sebab-akibat, konsekuensi perbuatan, hingga berbagai bekal keterampilan individu yang dapat membantunya dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

 

Ditambah lagi, di usia dini perilaku anak akan lebih mudah dibentuk. Ajarkan mulai dari cara yang sederhana, yuk.

  1. Memahami arti ucapan tolong, maaf, dan terima kasih
    Mengajarkan sopan santun kepada anak Mom perlu melibatkan 3 kata sakti ini: “tolong”, “maaf”, dan “terima kasih”. Ketiga kata tersebut perlu dibiasakan dalam kehidupan sehari-harinya. Caranya sederhana, ajak anak bermain peran. Praktekan saat Mom meminta tolong anak untuk mengambilkan sesuatu, lalu mengucapkan terima kasih saat ia berhasil memenuhi permintaan Mom. Jangan lupa meminta maaf bila Mom salah menginstruksikan sesuatu kepadanya. Jelaskan makna dari ketiga kata ini hingga ia memahaminya.

  2. Menghargai dan menghormati satu sama lain
    Jelaskan kepadanya bahwa setiap orang memiliki keunikan dan pendapat berbeda mengenai berbagai hal. Misalnya, temannya mungkin tak ingin diajak bermain bola karena dia tak menyukai sepak bola. Namun ternyata teman lainnya suka sekali bermain sepeda. Arahkan dan berikan penjelasan kepada anak bahwa perbedaan itu indah jika kita menghargainya. Di lain kesempatan, mungkin ia dan temannya tetap bisa bermain di kegiatan lain seperti main mobil-mobilan atau liburan bersama.

  3. Berbicara sopan
    Tanamkan berbagai kosa kata yang baik, jelaskan apa arti dari setiap kata itu, dan kapan harus menggunakannya. Lalu ajarkan juga untuk tidak memotong pembicaraan orang lain. Latih dan ingatkan untuk berucap sopan kepada siapapun. Edukasi ini sangat baik untuk membantu anak menjalani kehidupan sosialnya dengan baik.

  4. Bertanggung jawab
    Pertama, jelaskan pengertian kepada anak tentang arti tanggung jawab. Lalu contohkan dengan berbagai situasi seperti membereskan mainan usai bermain, meletakkan gelas atau piring kotor usai digunakan, menjaga kesehatan gigi, belajar dengan giat agar semakin cerdas dan memiliki keterampilan, dan berbagai situasi lainnya. Hal ini bukan sesuatu yang instan memang, jadi bersabarlah dalam mengajarinya. Edukasi mengenai tanggung jawab sangat bermanfaat untuk menjalani kehidupan profesionalnya di masa mendatang.

  5. Berkata jujur
    Beritahukan kepada anak bahwa kejujuran merupakan hal yang sangat penting untuk dirinya serta kehidupan orang lain. Ajarkan mulai dari situasi yang sederhana, misalnya bila mainannya rusak karena kesalahannya, minta ia untuk berkata jujur kepada Mom. Jelaskan bahwa jika ia berkata jujur, Mom jadi mengetahui apa penyebab kerusakannya, lalu dapat membantunya memperbaiki mainannya itu. Sedangkan bila ia berkata bohong, maka akan ada ganjaran terhadapnya, misal Mom tak akan membelikan mainan baru dalam waktu dekat, dan sebagainya.
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Mengisi Liburan Dengan Berkemah

Article- 08 Jun 2015

Menyiasati Liburan Yang Singkat dan Padat

Tips & Trick- 09 Jul 2013

Wisata Museum ke Museum Terfavorit di...

- 29 Jun 2012