Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Pentingnya mengenali gaya komunikasi pada si kecil

Salah satu kunci agar si kecil bisa berkembang dengan baik adalah dengan berkomunikasi yang baik pula terhadap si kecil. Komunikasi yang baik bisa menjadi alat agar bisa mengetahui kemauan dan apa yang sedang dirasakan si kecil.

Featured Story

Cepat Sembuh, Yaa

Kadangkala komunikasi antara Mom dan si kecil sedikit tersendat. Banyak faktor yang menyebabkan komunikasi menjadi tersendat. Salah satunya adalah keterbatasan waktu atau perbedaan gaya berkomunikasi. Setiap anak mempunyai gaya komunikasi alami, hal ini juga harus disadari dan diperhatikan oleh Mom dan Dad.

Ada anak yang senang dengan kalimat panjang, ada pula yang pendek. Demikian juga, mereka ada yang senang menjawab dengan kalimat panjang, dan ada yang dengan kalimat pendek. Mom perlu untuk lebih peka terhadap kecenderungan gaya komunikasi si kecil agar komunikasi bisa berjalan dengan efektif. 

Kita juga harus selalu tenang dalam mendengar dan menjawab pertanyaan si kecil. Dengan begitu, buah hati kita akan lebih merasa nyaman berbicara dengan Mom, terutama saat menghadapi berbagai masalah yang ditemuinya. Dengan berkomunikasi berarti ada kemungkinan bahwa si kecil juga terpenuhi kebutuhannya akan perhatian dan kasih sayang, karena si kecil menyampaikan semuanya kepada Mom dengan cara tepat dan mengena.

Dengan mengamati perilaku si kecil, Mom bisa mengenali bahasa cinta atau gaya komunikasi seperti apa yang lebih mengena dalam diri si kecil. Mom akan  mudah menyampaikan maksud Mom kepada si kecil, jika bisa mengenali karakter dan gaya komunikasinya. Terutama dalam menunjukkan kasih sayang dan perhatian Mom terhadap si kecil. Dengan begitu komunikasi orangtua-anak di rumah berjalan lancar, karena adanya saling pengertian.

Komunikasi yang efektif bisa membantu Mom mengetahui apa potensi yang ada dalam si kecil. Jika sudah mengetahui apa potensinya maka dengan mudah Mom bisa membimbingnya untuk mengembangkan potensi tersebut. Bimbingan ini juga bisa lebih efektif karena Mom sudah tahu bagaimana karakter komunikasi dengan si kecil.

Suksesnya si kecil dimulai dari dengan mengetahui apa minat serta bakat si kecil sehingga bukan hanya membawa si kecil pada kesuksesan tapi juga pada bidang yang ia inginkan. 

Fifin Sonata
bener bgt setiap anak butuh komunikasi berbeda krn karakter anak berbeda walaupun 1 rahim..
Fifin Sonata
artikel ini sangat membantu saya..makasih :0
Explore More

Bolehkah Sistem Kontrak Berhadiah?

Article- 17 Sep 2014

Ajari Anak Mengelola Emosi

Tips & Trick- 26 Feb 2014

Makin Mudah Belajar Bahasa Asing di Rumah

Article- 11 Mar 2018