Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Pola Asuh Tepat untuk Anak

Featured Story

Tips Menanamkan Nilai Moral Pada Anak

Semua hal pasti akan Mom & Dad lakukan untuk mempersiapkan anak agar dapat tumbuh menjadi pribadi yang matang, sehingga kelak ia akan mampu manjalani kehidupannya dengan baik. Karena itu, bagaimana cara Mom membesarkan anak akan sangat memengaruhi kecerdasan maupun kebahagiaannya di masa dewasa nanti.

 

Beberapa hal di bawah ini bisa Mom lakukan untuk memberikan pola asuh yang tepat untuk anak:

 

1. Bebaskan anak mengeksplorasi lingkungan 

Lingkungan menjadi sarana luas bagi anak untuk belajar tentang berbagai macam hal. Dorong anak mengeksplorasi lingkungan yang baru dikenalnya, misalnya sambil menyusuri sungai, ia belajar tentang sifat air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah.   

 

2. Ikuti minat anak 

Untuk menggali potensi luar biasa di dalam diri anak, beri dukungan penuh pada bidang-bidang yang disukai anak, kalau perlu ikut berlatih dan menjadi teman berlatih yang menyenangkan untuknya. 

 

3. Tuturkan pengetahuan tentang dunia dan isinya

Ini akan membuat anak berpandangan terbuka terhadap berbagai hal ‘baru’ sesuai perkembangan ilmu pengetahuan.

 

4. Bacakan aneka buku pengetahuan secara rutin

Selain menumbuhkan minat membaca pada anak, kebiasaan membaca buku juga menanamkan ikatan batin antara orangtua dan anak.

 

5. Jadilah model yang baik 

Anak akan meniru orangtuanya. Maka, Mom and Dad wajib menjadi panutan terbaik bagi anak dalam seluruh aspek kehidupan sehari-hari. Tunjukkan dan terapkan pola hidup sehat. Tunjukkan pula sikap menghargai serta empati kepada setiap anggota keluarga, orang lain serta mahkluk hidup lainnya.

 

6. Seringlah bertanya kepada anak 

Mom dapat memulainya dengan menanyakan secara rinci seputar hal-hal yang ia minati atau yang sedang dilakukannya. Selanjutnya, kembangkan untuk menggali jawaban dan pendapat anak terhadap berbagai hal. 

 

7. Beri kesempatan mengambil keputusan 

Membiasakan anak untuk mengambil keputusan akan melatih anak untuk belajar sebab-akibat serta tanggung jawab. Melatih anak untuk mengambil keputusan juga akan memicu anak untuk belajar berpikir analitis dengan merangkaikan hal-hal yang sudah dipelajari dan dipahaminya.

 

8. Tingkatkan kesempatan bersosialisasi

Anak butuh kesempatan bersosialisasi seluas-luasnya karena akan memperkaya pengalaman emosional anak, serta sarana untuk belajar mengekspresikan perasaannya. Semakin baik kecerdasan emosional anak, semakin baik pula penyampaian rangsang ke seluruh sel-sel saraf di otaknya.

 

9. Cukupi kebutuhan gizinya

Mom bisa memberikan asupan jenis makanan kelompok brain food, misalnya makanan sumber protein, untuk meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, berpikir dan kewaspadaan.

 

10. Jaga kesehatan anak

Olahraga atau latihan fisik tidak hanya membuat tubuh anak tetap sehat, tapi juga membuat dia cerdas. Sebab, selain sirkulasi oksigen, gula dan zat gizi akan mengalir lancar ke seluruh tubuh dan otak, juga akan memicu produksi hormon untuk sel saraf (nerve growth factor). Dengan tubuh sehat, anak memiliki kesempatan luas untuk belajar berbagai hal, serta mengeksplorasi potensi kecerdasan dalam dirinya dengan optimal.

Diana Itjin
Smg anakku bertumbuh dg baik
Yun Eninggar
semoga saya bisa membimbing anak semaksimal mungkin
Explore More

Jadikan Tempat Wisata di Indonesia ini...

Article- 10 Nov 2017

Tak Bosan ke Mal

Article- 16 Dec 2015

Marah Bukanlah Membentak

Tips & Trick- 01 Jul 2014