Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Resolusi Tahun Baru Bagi Para Orangtua

Resolusi tahun baru tak hanya untuk kehidupan cinta atau karier saja. Namun lebih dari itu, sebagai orangtua, Mom & Dad juga perlu membuat resolusi guna meningkatkan kualitas diri agar menjadi lebih baik. Misalnya, Mom tidak lagi spontan berteriak saat marah kepada anak? Atau Mom bisa meluangkan waktu lebih banyak lagi dengan anak dengan mengurangi lembur di kantor?

Featured Story

Yuk, Ajak Anak Untuk Lebih Prestasi!

 

Nah, ide resolusi apa saja yang dapat Mom wujudkan pasca berkumandangnya terompet tahun baru?

 

Cobalah beberapa ide berikut:

 

1. Kurangi berteriak marah

Orangtua adalah sosok yang paling ditiru anak. Ketika Mom lebih sering berteriak marah, anak pun menganggap bahwa hal tersebut biasa dilakukan dan wajar kalau mereka pun menirunya. Memperbanyak komunikasi dengan bertatap mata dan mengurangi teriakan marah akan memperbaiki karakter anak. Anak bisa lebih menuruti perkataan Mom dan tidak lagi membantah sekaligus berteriak

 

2. Lebih banyak memuji

Seberapa sering Mom hanya mengkritik anak karena tindakan keliru mereka, dan tidak memberi pujian sama sekali saat mereka bersikap manis? Nah, kini saatnya Mom memberi pujian atau reward saat anak melakukan hal-hal positif. Dengan demikian, mereka tidak akan jemu untuk berbuat baik. Secara tidak langsung, hal ini akan membentuk karakter positif anak

 

3. Lebih banyak memenuhi janji

Jika Mom pernah ingkar janji, Mom tidak sendiri. Ribuan orangtua pernah melakukannya. Entah mereka berjanji akan mengajak jalan-jalan, membelikan mainan atau apapun, namun tidak banyak dari para orangtua yang ingat dengan janji mereka.

 

Kita juga sering menghukum anak karena perbuatan yang sebenarnya juga sering kita lakukan. Hal ini akan membuat anak sakit hati dan memendam perasaan hingga mereka dewasa. Mereka akan menganggap bahwa orangtua mereka tidak dapat dipercaya. Konsistensi serta kedisiplinan harus berjalan beriringan ya, Mom!

 

4. Berikan waktu lebih

Kalau tahun lalu Mom & Dad lebih banyak menghabiskan waktu di kantor, maka tahun ini cobalah untuk memberi waktu lebih kepada anak. Temani mereka tidur, bersantai/bermain/makan malam bersama dan memeluk mereka. Lakukan ini sebelum Mom menyesal karena tidak bisa melakukannya lagi saat mereka sudah beranjak dewasa

 

5. Kenalkan ragam makanan bergizi setiap hari

Makanan bergizi harus selalu tersaji. Untuk menghindari kebosanan, beri menu baru setiap minggu. Tujuannya adalah memperkenalkan makanan sehat secara bertahap, dan bukan untuk memaksa mereka makan. Sajikan makanan secara cantik, sehingga anak tertarik untuk memakannya. Jadi, Mom berencana hidangan apa saat malam tahun baru nanti?

 

6. Di tahun baru, marilah lebih memanjakan diri

Nasehat seperti ini memang sering Mom dengar, kendati terkadang mewujudkannya seperti meraih mimpi yang paling tinggi. Sudah sewajarnya, Mom memanjakan diri setelah semua predikat menempel pada Mom; menjadi dokter, juru masak, supir, hingga guru bagi semua mata pelajaran anak.

 

Nah, sempatkanlah untuk me time, paling tidak seminggu sekali. Menikmati pijatan lembut di spa dan perawatan rambut dan wajah di salon, atau melakukannya sendiri di rumah. Dijamin, Mom akan lebih berenergi dan lebih kuat menangani semua pekerjaan rumah tangga. Semangat ya, Mom!

Winda Ruwinda Ningsih
Harus mulai dikurangi berteriak terhadap anak...bunda harus lebih sabar karena anak sudah semakin pandai
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Cepat Sembuh, Yaa

Article- 14 Jul 2015

Aktivitas Bersama Anak untuk Sebarkan...

Article- 20 Jan 2017

Tips Pendidikan Seks Sejak Dini

Tips & Trick- 04 Jun 2013