Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Saat Tepat Bawa Anak Demam ke Dokter

Demam termasuk kondisi kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak. Pemicunya beragam, mulai dari infeksi bakteri, virus, penggunaan baju yang terlalu tebal di cuaca panas, hingga paska menjalani vaksinasi. Peningkatan suhu tubuh ini normal terjadi sebagai respon tubuh terhadap rangsangan yang datang dari luar atau dalam.

Featured Story

Bolehkah Anak Bermain Hujan?

Walau bukan kondisi yang serius, Mom perlu tahu kapan harus membawa anak yang mengalami demam ke dokter dengan mewaspadai beberapa tanda ini.

  1. Berusia di Bawah 3 Bulan

     

    Bayi yang berusia di bawah 3 bulan dengan suhu tubuh setidaknya 38,4 derajat Celcius digolongkan berada dalam darurat medis. Sebaiknya jangan memberikan obat-obatan penurun panas sebelum berkonsultasi langsung pada dokter. Tetap awasi naik turunnya suhu dan ikuti cara penanganan demam pada bayi, sebelum membawa anak ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. 

  2. Suhu Tubuh Tinggi

     

    Suhu tubuh yang terus naik hingga mencapai 40 derajat Celcius wajib diwaspadai oleh Mom karena dapat memicu terjadinya kejang. Segera lakukan penanganan demam di rumah, seperti kompres air hangat, memberikan banyak minum, dan memberikan obat penurun panas. Jika semua cara tersebut tidak mampu menurunkan suhu tubuhnya, segera bawa anak ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

  3. Diam dan Lemas

     

    Terkadang ada anak-anak yang suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat Celcius tapi masih aktif bergerak dan bermain. Tapi ada juga yang terlihat lemas dan hanya bisa diam di atas tempat tidur. 

    Kondisi ini dikenal juga dengan lethargy yaitu ketika anak hanya diam di dalam pelukan, tampak lemas, tidak berdaya, tidak responsif, dan tidak membuat kontak mata. Jika menemukan tanda-tanda ini, jangan ragu untuk membawa anak demam ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih detil dan menyeluruh.

  4. Demam Lebih dari 3 Hari

     

    Biasanya demam yang mendapat penanganan di rumah dapat hilang dalam kurun waktu 1-2 hari. Tapi jika kenaikan suhu tubuh ini masih berlangsung selama lebih dari 3 hari, tidak ada salahnya membawa anak ke dokter untuk mendapatkan diagnosa penyakit yang lebih mendalam.

    Jangan tunda lagi jika demam disertai oleh ruam, tidak merespon, kesulitan bernafas, dan mengalami nyeri hebat. Selain itu, waspadai tanda-tanda dehidrasi yang muncul karena kurangnya cairan, misalnya ubun-ubun yang tampak cekung, menangis tanpa mengeluarkan air mata, lemah, dan jarang buang air kecil.

    Demam merupakan gangguan kesehatan yang rentan dialami anak-anak. tapi segera bawa anak demam ke dokter setelah menemukan beberapa tanda tersebut ya, Mom.

Lo Lie Cu
informasi yg sangat berguna ini
Lo Lie Cu
informasi yg sangat berguna ini
Explore More

Inilah Cara Melihat Tanda Awal Demam...

Article- 05 Oct 2016

Pola Asuh Bagi Anak Cerdas Istimewa

Article- 16 Mar 2015

Karakter Anak Terbentuk Sejak Ibu...

Article- 19 Mar 2014