Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Sisipkan Sayuran ke dalam Bekal Sekolah

Setiap hari, Mom menyajikan makanan bernutrisi untuk menunjang tumbuh kembang anak. Tidak heran jika sayuran seringkali hadir menghiasi meja makan hingga kotak bekal sekolah, demi memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang baik bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, tidak sedikit anak-anak yang malas memakannya karena berbagai alasan. Coba deh, menyisipkan sayuran dalam olahan makanan yang mudah dan lezat berikut ini.

Featured Story

Jangan Sembarangan Berikan Antibiotik Sebagai Obat Demam pada Anak

  1. Muffin

    Biasa disajikan dalam papercup, muffin dapat dijadikan alternatif yang tepat untuk menyisipkan sayuran. Mom dapat menggunakan campuran wortel, bubuk kayu manis, dan kismis untuk membuat carrot cake muffin, atau menghaluskan bayam dengan susu untuk memberikan warna hijau pada muffin.

    Tidak hanya bercitarasa manis, muffin pun juga dapat dibuat dengan rasa gurih. Potong-potong sayuran dalam bentuk dadu kecil, lalu campurkan dengan sosis atau daging asap, dan keju. Muffin ini cocok disantap hangat saat sarapan atau sebagai pengisi kotak makan siang.

  2. Roti

    Anak mengaku bosan dengan isian roti yang itu-itu aja. Libatkan ia untuk membuat sandwich dengan sedikit tambahan sayuran. Mulai dari sayur selada hijau yang segar, salad sayur dengan saus thousand island yang asam segar, atau saus salsa yang sedikit pedas. Agar membuat tampilannya lebih menarik dan praktis, Mom juga bisa menggulung roti yang sudah diisi dengan timun atau selada dan gunakan food skewer untuk menjaganya tetap rapi.

  3. Saus Spaghetti

    Sesekali, tanyakan pada anak menu makanan apa yang ingin dibawa ke sekolah sebagai bekal makan siang. Kali ini, ia meminta spaghetti dengan saus spageti dan taburan keju parut. Sisipkan beberapa sayuran yang dapat membuat citarasa saus ala Italia itu terasa semakin nikmat.

    Mulai dari wortel, jamur, brokoli, hingga paprika. Jika anak termasuk picky eater yang ogah melihat penampakan sayuran dalam makanannya, jangan lupa menghaluskannya dengan bantuan blender atau food processor.

  4. Smoothie

    Terkadang jam istirahat yang diberikan di sekolah lebih banyak digunakan untuk bermain, ketimbang untuk duduk dan menyantap makan siang. Oleh karena itu, Mom perlu mencari cara menyediakan bekal yang praktis, namun tetap mengenyangkan dan kaya nutrisi.

    Coba deh, bekali anak dengan smoothie yang tampil dalam warna cerah. Campurkan buah-buahan seperti pisang atau mangga yang memberikan rasa manis alami, atau buah berry dan jeruk untuk sensasi rasa asam yang segar. Tambahkan sayuran berupa bayam, kale, atau mentimun untuk tambahan nutrisi.

Daripada ngotot memaksa anak untuk memakan sayur, Mom bisa mencoba menyisipkannya ke dalam makanan favoritnya untuk mengisi kotak bekal.

Yuliana Yoeli
makasih info nya
Fitriamarieindarto Goodmorning
Ide bagus nih
Explore More

Waspada Modus Penipuan “Anak Kecelakaan”

Article- 21 Aug 2013

Permainan Seru Tidak Harus Mahal

Article- 27 Feb 2017

Jadilah Sahabat Bagi Anak

Article- 09 Jan 2015