Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tak Harus Tinggalkan Rumah, Ini Nih Liburan Seru di Rumah

Liburan di akhir tahun sering dikaitkan dengan travelling dan mengunjungi tempat wisata. Tapi hari yang ceria ini bisa berubah jadi bete saat menemui kemacetan atau padatnya pengunjung di spot-spot wisata keluarga. Tidak harus ke luar rumah kok untuk mengisi liburan, karena menghabiskan waktu di rumah pun cukup menyenangkan dengan beberapa kegiatan berikut ini.

Featured Story

Anak Tampil Makin Gaya dengan Batik Khas Indonesia

  1. Memasak Bersama

     

    Jangan larang anak untuk masuk ke dapur dan memasak bersama Mom. Kegiatan seru seperti membuat kue atau menyiapkan menu makan favoritnya bisa jadi cara seru untuk isi liburan. Pilih resep yang mudah dibuat oleh tangan mungilnya. Libatkan ia untuk mengukur bahan-bahan yang akan digunakan, mengaduk bahan-bahan makanan, hingga menghiasnya.

    Walaupun sedang asyik, Mom tetap harus waspada dan mengawasi anak saat berada di dapur. Ingatkan untuk menjauhi peralatan yang dapat menimbulkan panas, seperti oven dan kompor. Selain itu, minimalisir risiko bahaya dengan menggunakan pisau mentega atau plastik atau gunakan peralatan berbahan plastik.

  2. Berkemah di Halaman

     

    Salah satu kegiatan yang dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan anak pada alam adalah dengan berkemah. Jika tidak ingin berhadapan dengan kemacetan jalan dan ramainya lokasi perkemahan, kenapa tidak mencoba mendirikannya di halaman rumah? Cukup siapkan tenda, karpet, bantal, dan mainan favorit anak.

    Untuk mengisi waktu di siang hari, berikan permainan yang dapat mengasah rasa penasaran anak pada alam, misalnya bermain harta karun yang disembunyikan di antara tanaman di halaman, menggambar pemandangan, hingga piknik seru. Sedangkan di malam hari, ajak anak untuk membuat barbeque sambil menikmati bintang dan bermain kembang api.

  3. Mendekorasi Kamar

     

    Liburan tidak harus digunakan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Ajak anak untuk menata dan mendekorasi kamarnya untuk memberi suasana baru yang segar dan fun, sehingga membuatnya betah dan memacu semangat belajarnya. Libatkan anak untuk memilih warna tembok yang disukai atau mengubah tatanan perabotan di kamarnya.

    Ada berbagai cara mudah untuk menghias kamar sekaligus mendorong anak menjadi lebih kreatif. Mulai dari menempelkan stiker, membingkai lukisan yang dibuatnya, hingga membuat karya seni dari daur ulang seperti tempat pensil atau wadah penyimpanan.

  4. Bermain Air

     

    Water park atau kolam renang biasanya menjadi tujuan liburan yang disukai keluarga. Tidak heran jika keadaannya selalu padat pengunjung setiap kali musim liburan. Alternatifnya, Mom dapat mengajak anak bermain air di kolam karet yang sudah diisi dengan berbagai mainan plastik. 

    Biar makin seru ajak juga anak tetangga yang sebaya dengannya atau menyiapkan berbagai permainan, seperti balon air atau memancing benda-benda yang ada di kolam. Selain menyegarkan tubuh saat hawa udara cukup panas, kegiatan ini dapat membuat anak tetap merasa bugar selama liburan.

    Tidak harus ke luar rumah dan menghabiskan biaya yang cukup besar untuk mengisi liburan bersama keluarga. Pilih aktivitas yang seru dan menyenangkan bersama anak untuk membuat hari libur makin bermakna.

Lo Lie Cu
Bs menciptakan kebersamaan, tdk perlu jauh2 ya
Lo Lie Cu
Bs menciptakan kebersamaan, tdk perlu jauh2 ya
Explore More

Bermain Bersama Teman Untuk Tumbuh...

Article- 06 Dec 2016

Peran Orangtua Dalam Mengembangkan...

Article- 21 Jul 2014

Minuman Sehat untuk Anak Sehat

Article- 18 May 2015