Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tanamkan Kebiasaan Menyikat Gigi Kepada Anak dengan Cara yang Menyenangkan

Tak mudah membiasakan anak untuk rajin membersihkan giginya setiap hari. Karena, kegiatan yang satu ini memang tak dianggap sebagai hal yang penting dan seru bagi anak-anak.

Featured Story

Ciptakan Rumah Aman Bagi Anak dengan Beberapa Tips Ini

 

Menurut Lorraine Thomas, Child Behavioural Expert, orangtua perlu memikirkan cara kreatif agar rutinitas menyikat gigi terasa menyenangkan bagi anak. Sebab, kunci untuk membiasakan anak menjalani hal positif berada di sisi menyenangkannya. Semenyenangkan ketika anak bermain dan melakukan hal yang mereka suka.

 

Nah, agar kegiatan menyikat gigi disukai anak, Mom & Dad bisa mencoba beberapa cara berikut.

 

1. Lewat cerita menarik

Mengawali dengan cerita akan membuat anak Mom lebih mudah memahami pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Mom & Dad bisa menceritakan tentang si kuman jahat yang senang merusak gigi anak kecil yang malas menggosok gigi. Supaya si kuman jahat pergi, anak Mom harus membasmi mereka dengan senjata berupa sikat dan pasta gigi. Saat ini juga sudah banyak buku cerita anak dengan tema kebersihan gigi yang bisa Mom & Dad dapatkan di toko buku. Buat ia antusias mendengarkan cerita itu.

 

2. Ajak anak Mom memilih

Agar kegiatan ini berlangsung menyenangkan, biarkan anak Mom memilih sendiri sikat dan pasta gigi bergambar lucu kesukaannya. Mom & Dad hanya perlu mengarahkan agar ia memilih sikat dan pasta gigi khusus anak-anak. Jika ia bertanya mengapa punya Mom & Dad berbeda dengan miliknya, jelaskan bahwa yang ia miliki sangat hebat dalam mengusir si kuman jahat yang ada di gigi dan mulut mungilnya. 

 

3. Sikat dengan cara menyenangkan

Contohkan gerakan menyikat gigi sambil diiringi lagu anak kesukaannya. Lalu, jadikan gerakan menyikat gigi seirama dengan irama lagu.

 

4. Jadilah role model dan lakukan bersama

Agar kegiatan ini menjadi rutinitas yang disenangi anak Mom, Mom & Dad tentu harus konsisten menunjukkan kepadanya bahwa membersihkan gigi itu seru dan bermanfaat. Ajak anak Mom untuk sikat gigi bersama, katakan padanya, “Sayang, ayo kita membasi si kuman jahat bersama.” Tambahkan canda dengan meminta ia menyikat gigi Mom & Dad, begitu pun sebaliknya. 

 

Bagaimanapun, Mom & Dad adalah orang yang paling diidolakan oleh anak Mom. Kalau orang terdekatnya senang menjaga kebersihan gigi, anak pasti akan mengikutinya dengan senang hati.

Mumut Fortuna
alhamdulillah akila sudah suka sikat gigi sejak kecil sampai cita-citapun pengen jadi dokter gigi jadi dia termasuk yang care banget sama giginya
Muyasaroh
sudah ditanamkan sejak dini, tapi giginya masih tetep ompong :)
Explore More

Pilihan Olahraga untuk Setiap Tahap usia...

Article- 09 Feb 2018

Tips Menumbuhkan Kemandirian Anak

Article- 30 Sep 2013

Mengenali Karakter Anak dan Cara Terbaik...

Article- 20 Oct 2015