Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tanda-tanda Anak Sehat

Semua orangtua pasti berharap buah hatinya dapat tumbuh dengan sehat dan jauh dari penyakit. Bagaimana dengan anak Mom? Ada beberapa tanda yang dapat menjadi pegangan bahwa anak Mom dan Dad sehat, yaitu:

Featured Story

Rentan Luka dan Cidera, Yuk Sediakan Kotak P3K di Rumah

  1. Bertumbuh kembang dengan baik

    Anak yang sehat menunjukkan tanda-tanda positif yang sesuai dengan tonggak tumbuh kembang (milestones) yang harus dilalui oleh anak seusianya. Setiap tahapan usia memiliki patokan tumbuh kembangnya masing-masing.

    Tentu saja perkembangan setiap anak berbeda-beda, jangan samakan anak Mom dengan anak lain. Namun jika ada yang membuat Mom dan Dad khawatir, atau melihat keterlambatan tumbuh kembang yang signifikan, segeralah periksakan anak ke dokter.

  2. Terlihat ceria dan bahagia

    Bukan hanya tumbuh kembangnya secara fisik saja yang perlu diperhatikan. Kondisi mental anak juga amat penting dan sangat mendukung kesehatannya secara keseluruhan. Anak-anak yang sehat juga senang melontarkan humor yang membuat orang lain tertawa.

    Anak yang sehat secara mental dapat terlihat lewat kesanggupannya menghadapi masalah dan selalu berpandangan positif terhadap kemampuan dirinya.

  3. Aktif bergerak

    Anak-anak di usia batita dan prasekolah sudah menguasai sebagian besar dari gerak/motorik halus maupun motorik kasar mereka. Keingintahuan anak juga semakin meningkat dan hal ini membuat mereka terlihat begitu aktif mengeksplorasi dunia sekitar.

    Hal yang perlu diwaspadai oleh Mom dan Dad adalah jika anak terlihat sulit fokus dan perhatiannya mudah beralih. Ia sulit diam atau melakukan gerakan-gerakan yang bisa mencederai orang lain. Ajak anak menemui dokter spesialis saraf anak atau psikolog untuk mengetahui kemungkinan ada gangguan neurologis pada anak.

  4. Tidak mudah sakit

    Anak yang sehat memiliki imunitas yang tinggi dan otomatis lebih tahan terhadap segala penyakit. Namun perlindungan utama yang perlu dilakukan orangtua untuk anaknya adalah dengan melakukan vaksinasi lengkap saat ia masih balita. Kemudian dilanjutkan dengan vaksin booster ketika ia beranjak besar.

    Anak jarang sakit juga menunjukkan bahwa ia tidak memiliki reaksi alergi yang berlebihan pada makanan atau benda lain di sekitarnya. Untuk menjaga imunitas tubuhnya berkembang dengan baik, sering ajak ia berolahraga atau berjalan-jalan di alam bebas yang udaranya bebas polusi.

    Tentu saja, sesekali anak juga bisa sakit, misalnya terkena influenza yang memang sering menjangkiti anak-anak. Berikan ia OBH Combi Anak Flu & Batuk jika anak mulai memperlihatkan gejala flu.

  5. Mudah bergaul

    Anak yang sehat jasmani dan rohani akan lebih luwes bergaul dan mampu berempati terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh orang lain. Bukan hanya pada teman yang sebaya, anak juga mampu berkomunikasi aktif dengan orang yang lebih tua atau lebih muda. Ia juga mudah diminta bantuan bahkan secara proaktif menawarkannya lebih dahulu.

    Namun, tentu saja anak sehat tidak tumbuh dengan sendirinya. Anak sehat berawal dari pola asuh (termasuk pola makan) yang diterapkan oleh orangtuanya. Mulailah kebiasaan yang baik dari rumah agar anak pun terbiasa hidup sehat.

Susi Erna Wati
Anak sehat merupakan kebahagiaan
Vonny Kurniati
semoga anak kita selalu sehat^^
Explore More

Kreativitas Meningkat Dengan Belajar Piano

Article- 21 Jul 2014

Manfaat Anak Sering Bermain Bersama Dad

Article- 14 Dec 2017

Mengembangkan Kecerdasan dengan Permainan...

Article- 27 Feb 2015