Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tetap Sehat Walau Makan di Luar

Anak yang usianya lebih besar biasanya mulai memiliki kebiasaan makan di luar, bisa saat jajan di sekolah, atau saat mereka pergi bersama teman-temannya. Mom mungkin merasa khawatir anak akan mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak higienis. Apalagi semakin bertambah usianya, anak semakin memiliki kemandirian untuk memilih jenis makanan yang ia inginkan.

Featured Story

Lindungi Keselamatan Anak di Luar Rumah dengan Tips Jitu Ini

 

Sebenarnya, ada caranya lho, Mom, untuk mengajarkan anak tetap memilih makanan sehat walau ia sedang makan di luar rumah. Dengan arahan yang tepat, Mom tak perlu khawatir meskipun anak makan di luar.

 

1. Kenalkan kepada anak tentang cara pengolahan makanan yang lebih sehat. Seperti misalnya: ayam dan ikan yang dipanggang lebih sehat dibanding yang digoreng, nasi yang dikukus lebih sehat dibanding nasi goreng, atau memilih penutup berupa salad buah daripada es krim. Selain itu, ajarkan anak untuk selalu memasukkan sayur dalam menu makanannya.


2. Sarankan kepada anak agar buah sebaiknya dimakan secara langsung dan bukan dijadikan jus, sehingga buah-buahan yang ia konsumsi tetap mengandung serat yang penting untuk pencernaan.


3. Untuk minuman, Mom bisa bekali anak dengan botol minum berisi air putih saat berangkat ke sekolah. Dengan begini, kemungkinan anak untuk mengisi ulang botol minumnya dan banyak meminum air putih lebih besar.


4. Jelaskan juga kepada anak efek dari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein atau gula yang tinggi, seperti minuman bersoda, kopi, atau jus buah dalam kemasan. Begitu juga dengan minuman berenergi yang tidak boleh mereka minum sama sekali.


5. Jika anak makan di restoran bersama teman-temannya, beri mereka arahan agar bisa memilih menu-menu yang lebih sehat, misalnya saja salad, sup, roti lapis dengan sayur, dan daging rendah lemak seperti ikan atau ayam tanpa kulit. Jika ingin makan makanan penutup, pilih yang banyak mengandung buah dan sedikit gula.

Sri Puji Rahmawati
tipsnya sangat bermanfaat sekali
Sri Puji Rahmawati
terimakasih artikelnya min
Explore More

Referensi Tempat Kursus Untuk...

Article- 16 May 2013

Oops! Anak-anak Memergoki Mom dan Dad...

Article- 04 Jun 2013

Beberapa Cara Mengembangkan Empati Anak

Article- 26 Sep 2014