Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tingkatkan Konsentrasi Belajar Anak dengan Mind Map

 

Featured Story

Sejak Kapan Anak Mulai Dibiasakan Makan Sendiri?

Dalam proses belajar, konsentrasi belajar si kecil memegang peranan penting dalam menyerap materi pelajaran. Agar si kecil lebih fokus, ajak si kecil membuat time table jadwal belajar dari H-7 hingga H-1 dan cari tau mana pelajaran yang menurut si kecil sulit. Dari sini, coba terapkan metode mind map untuk membantu si kecil dalam memahami pelajaran tersebut. 

Metode mind map (pemetaan pemikiran) ditemukan oleh Tony Buzan seorang pengarang kelas dunia yang telah menulis 82 buku mengeai otak dan pembelajaran. Dalam mind map, Tony mengajarkan proses berpikir otak secara sistematis dan sederhana. Mind map merupakan cara mudah untuk memasukkan informasi dan mengambil informasi dari otak. Seperti layaknya sebuah peta, mind map akan membantu si kecil dalam menyederhanakan pemahaman sebuah topik yang di rasa sulit.
 
Apa yang di perlukan untuk membuat mind map?

- kertas kosong tanpa garis 
- pena& pensil / spidol warna
- otak
- imajinasi



Mari kita memulai membuat mind map.
  1. Pertama pilih sebuah TOPIK dan letakkan topik tersebut di bagian tengah kertas. Gambar suatu objek yang berhubungan dengan topik tersebut.Gunakan warna yang menarik untuk gambar tersebut. Contoh : pelajaran IPA (Ilmu Pengtahuan Alam) dengan topik : MUSIM. Gunakan gambar matahari , pohon serta tulisan MUSIM. Warnai gambar tersebut dengan warna yang menarik perhatian si kecil.
  2. Lukis CABANG yang tebal serta memancar keluar dari gambar musim tadi. Gunakan warna yang berbeda untuk setiap cabang.Cabang ini merupakan pikiran –pikiran utama tentang MUSIM. TULIS dengan HURUF KAPITAL  beberapa kata kunci yang sehubungan dengan MUSIM. Misalnya : HUJAN dan KEMARAU. Untuk setiap kata kunci, gambar suatu objek yang sesuai.
  3. Sekarang mari kembali menggunakan ASOSIASI untuk memperluas mind map ke tingkat berikutnya. Kembali pada kata kunci yangtelah di tulis pada setiap cabang utama. Apakah menimbulkan gagasan lain? Misalnya dari kata HUJAN timbul gagasan tentang dingin, banjir, diare, proses terjadinya hujan. Lukis cabang-cabang tambahan yang bertumbuh dari kata kunci tadi untuk menarik garis besar dari topik utama tadi.Sertakan gambar dan warna yang menarik untuk cabang kata kunci ini.
Selamat, Mom dan si kecil telah berhasil menciptakan mind map pertama. Maping ini akan memperlihatkan sebuah Mind Map yang penuh berisi simbol, kode, garis, kata , warna serta segala petunjuk dasar yang di perlukan si kecil untuk menerapkan kemampuan daya otak si kecil secara maksimal.


carline
mulai usia berapa ya mind map bisa diterapkan pada si kecil? karena saya sering menggunakan mind map dan merasakan sekali manfaatnya.
Diah Pramesti
klo utk anak usia PAUD - TK gmn cara penerapannya ya
Explore More

Tips Bagi Anak Dalam Menjalin...

Tips & Trick- 10 Sep 2013

Liburan Keluarga, Sehat & Kaya Manfaat

Article- 08 Jun 2015

Trik Hemat Lengkapi Kotak P3K di Rumah

Article- 15 Dec 2017