Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tips Aman Menginap Di Hotel

Ketika sedang berlibur, terkadang kita suka terlena dengan panorama tempat wisata atau merasa sudah percaya kepada pihak hotel pilihan kita menginap. Padahal pencuri tetap beredar dan mengintai ketika wisatawan mulai terlena. Agar lebih waspada, sebaiknya mom melakukan beberapa hal berikut ini :

Featured Story

Benar Salah Dalam Memberi Hadiah

 

1. Pastikan benar lokasi hotel pilihan mom

Ketika mom memilih sebuah hotel, pastikan mom mengetahui dengan benar lokasi, situasi lingkungan hingga track record hotel tersebut. Apakah ada kenalan dekat mom yang pernah menginap? Gali informasi yang detil mengenai hotel tersebut. Mom juga bisa memanfaatkan fasilitas google map dan klik google earth. Mom bisa mendapat gambaran situasi sekitar lebih jelas secara 2 dimensi mengenai bangunan di sekitar lokasi penginapan. 

Cari tahu berapa jauh kantor polisi dari tempat penginapan. Apakah terdapat CCTV di hotel atau terdapat pihak keamanan yang standby selama 24 jam?

 

2. Duplikat semua dokumen penting

Buat dua salinan untuk dokumen penting mom sekeluarga. Seperti KTP, Paspor, kartu kredit, kartu ATM dan lain-lain. Bawa 1 set semua dokumen selama perjalanan dan tinggalkan salinannya di rumah. Jika mau, mom bisa memanfaatkan fasilitas google docs atau dropbox untuk menyimpan foto salinan dari dokumen ini sehingga mom juga mempunyai cadangan dalam bentuk soft copy.

Sehingga ketika salah satu dari dokumen tersebut hilang ketika mom menginap di hotel, mom tidak panik dalam mencari jalan keluar.

 

3. Pemilihan kamar

Hindari kamar yang terlalu dekat dengan lobi namun juga tidak terlalu tinggi. Sehingga ketika terjadi kerusuhan di lobi, kamar mom tetap aman. Dan pilih kamar yang dekat dengan pintu darurat, sehingga mom dapat mengakses tangga tersebut dengan mudah.

 

4. Pastikan kamar selalu terkunci

Ada beberapa hotel yang menerapkan system kunci dengan listrik menjadi satu dengan cara menaruh kunci disuatu alat dekat pintu kamar. Pastikan kartu tersebut selalu mom bawa kemanapun, dan ketika hendak bepergian jauh lebih baik menyerahkan kunci tersebut ke pihak hotel. Sehingga ketika terjadi sesuatu pada saat mom sekeluarga pergi, hal tersebut menjadi tanggung jawab hotel.

 

5. Manfaatkan fasilitas safe deposit

Jaga barang berharga mom sekeluarga di safe deposit box yang tersedia di kamar maupun di hotel. Jika fasilitas tersebut berada di luar kamar, pastikan mom mendapat nota penyimpanan sebagai tanda bukti bagi mom untuk berjaga-jaga ketika terjadi kehilangan atau kerusakan barang.

 

6. Pelajari dengan baik peta hotel

Di pintu kamar biasanya terdapat peta lokasi keberadaan kamar mom. Pelajari posisi kamar mom. Sehingga mom tahu dimana letak tangga darurat, dimana letak lift alternatif, kemana rute tercepat menuju tangga darurat. 

Jika dikamar ada balkon, pastikan mom mengetahui cara membuka dan menutup jendela agar ketika anak-anak bermain di balkon dan jendela terkunci, mom mengetahui cara membuka dari dalam. 

Letakkan buku telpon nomor ringkas untuk menghubungi berbagai divisi di hotel, seperti room service, receptionist, room service dan lain-lain

Nia Ionia
artikel yang sangat menarik
Maria Ulfa
sippp
Explore More

Tips Mengatasi Kemarahan Anak Tanpa...

Tips & Trick- 06 Aug 2013

Hadapi Pancaroba dengan Makanan Sehat

Article- 18 May 2015

Mitos Tentang Anak Kreatif

Article- 01 Jul 2014