Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tips Membantu Anak 6 Tahun Belajar Menjelang Ujian

Agar anak lebih siap dalam menghadapi ujian, biasakan anak untuk mencicil pelajarannya H-7 sebelum ujian dan dimulai dari pelajaran ujian hari ke 5,4,3,2 dan 1.  Dengan persiapan yang matang, diharapkan anak menghindari sistem kebut semalam.

Featured Story

Kreativitas Tumbuh dari Keterbatasan

 

Berikut beberapa tips untukmembantu anak mengerti dan menghapal beberapa mata pelajaran untuk anak sekolah dasar.

 

Matematika (hitungan)

- Cobalah untuk browsing di internet dan cari contoh-contoh soal sesuai topik pelajaran.

- Mom juga bisa membuat soal baru dengan mengganti angkanya. 

- Jika terlihat anak kesulitan dalam menghitung bilangan yang lebih dari jumlah jarinya (terutama anak kelas 1 SD) mom bisa membagi angka penjumlahan di otak dan di tangan. Misalnya : 10 + 7 = ........ .
Jumlahkan dengan menaruh angka sepuluh di otak dan angka 7 di tangan. Lalu hitung maju angka sesuai di tangan hingga terjawab 10 + 7 = 17.

- Gunakan alat bantu benda yang berwarna warni seperti balok lego, pensil warna, spidol atau koin. Hal ini membantu anak untuk tertarik dan mampu fokus dalam menyelesaikan soal

- Untuk anak yang lebih besar seperti 4 kelas SD, tuangkan berbagai rumus hitungan dalam secarik kertas. Sehingga terdapat 2 kertas, kertas soal dan kertas corat coret. 

 

IPA, IPS, PPKN (hafalan)

- Belajar sambil praktek, melihat video atau melihat gambar yang sehubungan dengan topik mampu membuat anak lebih cepat mengerti dan menghafal.

- Misalnya belajar asal usul kertas. Mom bisa memanfaatkan gadget mom untuk mencari video proses pembuatan kertas di youtube.

- Metode mind mapping juga bisa mom gunakan untuk membantu anak mudah menghafal. Tentukan kata kunci dari subjek yang dipelajari, lalu minta anak untuk membuat cabang-cabang turunan di sertai tulisan dan gambar.

- Carilah kata-kata yang beritme serta mudah untuk diingat dalam menghapal sesuatu seperti mejikuhibiniu untuk warna -warna pelangi.

Vonny Kurniati
Makasih byk utk tipsnya^^
Maria Ulfa
thq tipsnya
Explore More

Waspadai Penularan Batuk pada Anak

Article- 31 Mar 2017

Metode Belajar Anak Disleksia

Article- 04 Dec 2013

Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak...

Article- 04 Jun 2013