Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tips Mengatasi Kemarahan Anak Tanpa Terpancing Emosi

Bermain, berlari, manjat, loncat dan masih banyak hal yang sering anak-anak lakukan dan tidak pada tempatnya. Namun itulah anak-anak dengan dunianya dan sebagai orang tua janganlah terpancing emosi karena melihat kelakuakuan anak. Apalagi di bulan Ramadhan yang suci dan disunahkan untuk menahan emosi. Sesungguhnya salah satu hal yang paling disukai oleh setan adalah ketika manusia marah, karena amarah membawa manusia semakin jauh dari Tuhan. Disaat manusia marah, dengan mudah dia akan mengumpat, mengucap kata jorok atau mengatai manusia lain dengan nama binatang, menyakiti perasaan orang lain serta ketika kesal orangtua suka mengucapkan hal-hal yang buruk kepada anaknya dan menjadi doa bagi anaknya. Jadi bagaimana sebaiknya mom bersikap ketika anak marah tanpa sebab?

Featured Story

Tips Melatih Anak Menginap

 

Apapun yang terjadi tetap tenang dan ambil napas panjang. Karena menjaga lisan dan diam lebih baik daripada mom salah berucap.

Jika anak merengek di tempat umum, segera mencari tempat sepi yang jauh dari keramaian. Dan hindari campur tangan orang lain, agar anak tidak melihat adanya kesempatan untuk mencari perhatian secara berlebihan. 

Jika anak terus merengek, berusahalah untuk cuek dan tetap melakukan kegiatan mom. Abaikan dan tunggu hingga dia lebih tenang.

Anak tetap meronta? Jangan terpancing emosi. Peluklah dia dan bisikan kata-kata agar dia lebih tenang. 


Tunjukkan konsistensi. Jika mom tetap tenang dan bertahan, maka anak pun akan tenang dengan sendirinya. Jika mom goyah, anak akan melihat bahwa ini kelemahan mom. Dan akan menggunakan strategi yang sama untuk mendapat apa yang dia inginkan di lain hari.


Berusahalah untuk mencari tahu alasan dia marah. Lalu ajak bicara dia kenapa hal itu tidak baik untuknya setelah dia tenang. 


Hindari membujuk anak dengan iming-iming hadiah untuk menghentikan amarahnya. Hal ini agar anak tidak menemukan celah dalam mendapat keinginannya. Lebih baik alihkan perhatian anak kepada hal lain.


Dan ketika anak telah berhasil mengendalikan emosinya, berikan hadiah peluk dan cium serta ucapan kasih sayang dari mom. Ini sebagai hadiah karena dia telah berhasil mengendalikan emosinya. 

 

 

 

Mia Triana
tips yang bagus ,makasi
Mia Triana
tips yang bagus ,makasi
Explore More

Kecerdasan Itu Genetik. Benarkah?

Article- 06 Jun 2014

Mengajarkan Anak Menjalin Pertemanan

Article- 06 Jan 2017

Lotion Antinyamuk, Amankah Untuk Anak?

Article- 05 Oct 2016