Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tips Mengembangkan Nalar Anak Sedari Dini

Setiap anak terlahir dengan kecerdasan dan sebaiknya pada masa golden age anak diasah nalarnya sehingga perkembangan potensi otak anak bisa maksimal.

Featured Story

Benar Salah Dalam Memberi Hadiah

 

Berikut beberapa tips untuk mengembangkan daya nalar anak :

 

1. Latih daya khayal anak

Bercita-citalah setinggi langit. Dengan berani bermimpi, bercita-cita anak mempunyai khayalan tentang masa depannya sehingga dia akan terus berusaha untuk mencapai impiannya tersebut

 

2. Tingkatkan kemampuan mengarang anak

Stimulasi hal ini dengan memberitahu anak sebuah kata, lalu minta anak untuk mengembangkan kata tersebut. Misalnya : kata “ROTI”, minta anak bercerita 3 hal tentang roti. Roti itu apa? Rasanya bagaimana? Enaknya dimakan dengan apa?

 

3. Ciptakan suasana yang menyenangkan

Ketika melatih daya nalar anak, ciptakan suasana yang menyenangkan dan tidak tegang sehingga anak bisa bebas berekspresi tanpa malu-malu.

 

4. Ciptakan perlombaan (kompetisi)

Ajak adik atau kakaknya atau Dad sebagai lawan anak dalam bermain. Mom menyebutkan sebuah kata, lalu mereka harus menjelaskan dengan kata singkat. Siapa yang paling banyak menyebutkan kata, maka dia menang.

 

5. Menulis

Bagi anak  yang susah mengekspresikan dengan kata-kata, melalui tulisan anak lebih bisa bebas berekspresi. Sekaligus anak juga melatih kemampuan tata bahasa serta mengeja kata. Biarkan dia menulis kata yang dia mau, lalu Mom bisa membenarkan ejaannya ketika anak selesai menulis. Jangan di potong dengan koreksian, karena ini membuyarkan konsentrasi menulisnya.

 

6. Berikan permainan nalar

Permainan puzzle yang mencocokkan berbagai potongan gambar agar menjadi utuh, permainan membangun sebuah bidang seperti lego atau permainan tebak gambar. Dengan permainan, anak belajar dengan suasana yang menyenangkan. 

Vonny Kurniati
thank you tipsnya, bermanfaat sekali^^
Suni Maryanti
tips yang bermanfaat min
Explore More

Kembangkan Nalar Anak Sedari Dini

Article- 21 Apr 2014

Tips Mengajari Anak Untuk Waspada...

Article- 21 Aug 2013

“Hargai Aku Ya, Mom”

Article- 14 Jul 2015