Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tips Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Pada Anak

Rasa cinta kepada tanah air perlu ditanamkan kepada anak semenjak dini. Bukan berupa menghafal ayat-ayat Pancasila atau bernyanyi lagu nasionalisme sambil berbaris, namun berupa tindakan yang akan menumbuhkan rasa cinta anak kepada bangsanya.

Featured Story

Mengajari Anak Mengatur Uang Saku Sendiri

Mom bisa memulainya dari rumah dengan menerapkan hal -hal berikut:

  1. Dengan Mendongeng / Bercerita

    Mintalah ibu mom atau nenek bercerita pada anak-anak, mengenai kehidupan saat nenek masih kecil. Bagaimana orang saling bertoleransi, kendaraan apa yang ada pada masa itu, makanan kesukaan nenek ketika kecil. Sehingga dengan bercerita, anakpun mengerti bahwa kemajuan negara Indonesia seperti sekarang ini tidak terjadi secara instan.

  2. Ajarkan permainan dan makanan tradisional

    Banyak permainan serta makanan khas daerah yang anak Mom tidak tahu karena hidup di era modern. Jangan hanya membelikan gadget atau permainan elektronik terbaru saja, namun ajarkan juga permainan ketangkasan tradisional seperti gasing, bekel, congklak. Permainan congklak bisa mengajarkan anak belajar berhitung sambil bermain dan mengasah ketangkasan otak dalam mengatur strategi bermain. Permainan tradisional juga mengajarkan anak untuk berbagi, tidak egois serta menjalin hubungan baik dengan teman. Karena untuk bermain dibutuhkan 2 orang pemain sebagai lawan atau kawan.

  3. Ajarkan anak untuk menjaga lingkungan

    Beberapa kebiasaan kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, matikan AC dan TV setelah selesai digunakan untuk menghemat listrik serta gunakan air secukupnya. Jika kebiasaan ini terus diterapkan dari kecil, maka hal ini akan menjadi kebiasaan positif hingga mereka besar.

  4. Mengajarkan dan mencontohkan anak untuk bangga dengan produk dan kebudayaan Indonesia

    Zaman sekarang, lebih sering kita mendengar musik berlirik bahasa Inggris dari pada lagu berbahasa Indonesia. Anak pun lebih mengerti shuffle dance dari pada tari jaipong. Salah satu cara yang bisa Mom lakukan untuk memperkenalkan anak dengan budaya dan produk Indonesia adalah, imbangi menu makanan Indonesia dengan menu makanan barat ketika dirumah serta makan di restoran. Sehingga anak juga mengerti mie goreng jawa, tidak hanya mengerti rasa spaghetti. Biasakan menggunakan baju batik sebagai padanan celana jeans atau legging untuk perempuan. Perkenalkan anak dengan sendal kulit bali serta tas anyaman khas Bali ketika Mom sekeluarga berlibur ke Bali. Selipkan kegiatan menonton kesenian tradisional setempat serta makanan khas daerah tersebut dalam liburan sekeluarga ke berbagai kota di Indonesia.

Maria Ulfa
sippp artikelnya
Vonny Kurniati
Betul bgt, rasa nasionalisme hrs dipupuk sejak dini^^
Explore More

Tiga Langkah Mudah Untuk Menghabiskan...

Tips & Trick- 20 Dec 2013

Tetap Disiplin Di Waktu Libur

Article- 08 Jun 2015

Perkembangan Kecerdasan Bahasa Pada Anak

Article- 06 Jun 2014