Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Trik Hemat Lengkapi Kotak P3K di Rumah

Memiliki anak di rumah artinya juga harus selalu siap saat anak mengalami luka atau gangguan kesehatan. Tidak harus membawanya setiap saat ke dokter atau rumah sakit, yang penting sediakan selalu kotak P3K yang berisi obat-obatan dan perlengkapan medis lainnya. Hal ini tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi obat untuk anak yang harganya cukup mahal. 

Featured Story

Rentan Luka dan Cidera, Yuk Sediakan Kotak P3K di Rumah

Ada kok trik hemat untuk melengkapi kotak P3K di rumah, dengan menggunakan metode DAGUSIBU yang merupakan singkatan dari dapatkan, gunakan, simpan, dan buang.

  1. Dapatkan

     

    Obat merupakan barang yang mudah rusak jika tidak mengikuti aturan penyimpanan yang tercantum dalam label kemasan. Untuk mendapatkan obat sebagai pengisi kotak P3K, Mom dapat membelinya dengan menggunakan resep dokter atau mendapatkan obat over the counter di apotek maupun supermarket.

    Jangan tergoda dengan harga obat yang murah. Biasakan untuk teliti sebelum membeli dan meminum obat dengan membaca label kemasan. Perhatikan tujuan penggunaan obat, cara pemakaian, aturan pakai, hingga tanggal kedaluwarsa.

  2. Gunakan

     

    Penggunaan obat harus sesuai dengan aturan, agar dapat mengatasi gangguan kesehatan dengan tepat. Selain membaca tata cara di label kemasan, Mom juga dapat mendengarkan penjelasan dari apoteker atau dokter untuk mengetahui dosis, jadwal, hingga efek samping yang bisa ditimbulkan.

    Untuk obat jenis antibiotik, sebaiknya habiskan walau Mom merasa sudah sembuh. Hal ini untuk menghindari terjadinya resistensi antibiotik pada bakteri penyebab penyakit. Selain itu, waspadai adanya alergi obat tertentu yang dapat ditandai dengan gatal-gatal di sekujur tubuh, bengkak, bahkan mual. Segera hentikan dan konsultasikan pada dokter atau apoteker.

  3. Simpan

     

    Jangan sampai membayar mahal tapi salah menyimpan obat, karena khasiatnya dapat berkurang. Simpan obat dalam kemasan aslinya sehingga dapat mengetahui informasi yang diperlukan, misalnya tentang cara pemakaian, tanggal kedaluwarsa, tujuan penggunaan, hingga cara penyimpanan.

    Cermati cara penyimpanan yang spesifik untuk setiap jenis obat. Sebagian besar obat bisa disimpan di suhu ruang, tapi ada juga yang harus disimpan di suhu dingin. Tapi sebaiknya, hindari dari sinar matahari langsung dan jauhi area lembap, seperti kamar mandi, yang dapat merusak obat.

  4. Buang

     

    Periksa kotak P3K secara berkala, setidaknya 6 bulan sekali dan pisahkan obat yang sudah melampaui tanggal kedaluwarsa. Lebih baik membuang obat ketimbang mengalami gangguan kesehatan akibat mengonsumsi obat yang sudah lewat tanggalnya.

    Cara membuangnya pun harus diperhatikan agar tidak disalahgunakan. Jangan pernah membuang obat dalam kemasan utuh, misalnya dengan melepas label atau membuka obat dari kemasannya. Mom juga dapat merusaknya dengan membasahinya, memendamnya di tanah, atau mencampurkannya ke sampah rumah tangga.

    Yuk lakukan metode ini untuk menekan biaya tapi tetap memperhatikan kesehatan keluarga.

Bundanya Thyan
oo jadi nesti selalu diperbaharui yaa
Lily Aguslianawaty
mesticekberkala
Explore More

Bantu Anak Menghadapi Rasa Takutnya

Article- 21 Dec 2016

Makanan Agar Anak Tumbuh Tinggi

Article- 31 Mar 2017

Anak Mulai Menyukai Lawan Jenis? Ini Cara...

Article- 24 Jan 2017