Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Trik Menghadapi Anak Yang Suka Terlambat

Kebiasaan datang tepat waktu harus di mulai sedari dini, agar anak terbiasa disiplin. Budaya tepat waktu bisa dimulai dari rutinitas sekolah. Jika mom mempunyai anak yang sulit hadir ke sekolah tepat waktu, beberapa tip berikut bisa mom terapkan :

Featured Story

Tips Mengajarkan Sopan Santun Pada Anak

 

1. Cari tahu penyebabnya

Mom coba selidiki apa penyebab keterlambatan di pagi hari. Apakah anak terbiasa tidur malam sehingga susah bangun di pagi hari? Atau dia terlalu lama di kamar mandi? Atau malas bangun sehingga terburu-buru berangkat? Atau dia butuh waktu yang lama untuk sarapan. Ketika sudah tahu permasalahanya, segera atasi

 

2. Ajak bicara dari hati ke hati

Jika sudah tahu apa penyebabnya, ajak anak bicara tentang budaya jam karet yang tidak baik. Apakah anak tidak malu setiap hari telat masuk sekolah? Dan coba cari solusinya dengan kesepakatan bersama. Misalnya dia harus tidur lebih awal, dan besok paginya mom akan menyiapakn sarapan kesukaannya. Agar menghemat waktu dan antisipasi, mom siapkan sarapan tersebut dalam wadah siap untuk di bawa. Sehingga ketika waktu semakin mepet, sarapan bisa dilakukan dalam perjalanan ke sekolah.

 

3. Terapkan batas waktu 

Jika dalam waktu 5 hari sekolah anak tidak bisa juga disiplin, maka dia akan terkena hukuman. Baik dari mom ataupun pihak sekolah. Karena kebiasaan ini tidak baik dan merugikan dia. Secara konsisten, mom juga harus terus mengawasi time schedule anak dalam ritual paginya. Misalnya dia harus bangun 1 jam sebelum jam keberangkatan. Paling telat berangkat dari rumah jam sekian. Biasakan untuk menyiapkan peralatan sekolah dari malam hari untuk menghindari kehebohan di pagi hari. Dengan konsistensi, anak pun akan terbiasa untuk mengubah kebiasaan dan menjadi pribadi yang displin dan tepat waktu.

 

Selamat berusaha bersama anak mom :)

 

 

Mia Triana
tq infonya
Puji Suprihatin
anakku pernah mengalami,susah banget utk bangun pagi dan pasti terlambat tp lama2 dia malu sendiri dg teman dan guru,jadinya dia sadar sendiri dan skrg lbh rajin lagi
Explore More

Comfort Food, Membantu Memulihkan Anak...

Article- 24 Mar 2015

Referensi Website Untuk Mengasah...

Article- 06 Jun 2014

Sopan Berpakaian Santun Dalam Perilaku

Article- 09 Jan 2015