Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tumbuhkan Kesenangan Membaca pada Anak

Membaca memberikan banyak manfaat bagi anak, terutama saat sudah duduk di bangku sekolah. Selain membuatnya lebih mudah memahami pelajaran di sekolah, ilmu yang didapatkan pun semakin bertambah. Tapi bagaimana jika ia lebih memilih menghabiskan waktu di depan TV atau bermain games?

Featured Story

Bantu Anak Ekspresikan Cinta pada Anggota Keluarga

Jangan stres dulu Mom, coba strategi berikut ini untuk menumbuhkan kebiasaan membaca sejak dini.

  1. Membuat Perpustakaan di Rumah

    Modal utama untuk menanamkan kebiasaan membaca sejak kecil adalah menyediakan berbagai jenis buku di rumah. Jangan biarkan tumpukan buku membuat sudut rumah Mom tampak berantakan. Coba bikin perpustakaan mini dengan meletakkan rak-rak buku yang mudah diraih oleh anak dan punya penerangan yang cukup. Lengkapi dengan kursi atau alas duduk yang nyaman sehingga anak merasa betah duduk dan membaca.

  2. Membacakan Buku Cerita

    Baik anak baru belajar atau sudah fasih membaca, tidak ada salahnya untuk Mom meluangkan waktu membacakan buku cerita. Selain biasa digunakan sebagai salah satu ritual pengantar tidur, pakai kesempatan ini untuk mengenalkan kosa kata baru, nasihat bijak, dan juga meningkatkan kedekatan hubungan.

    Agar anak semakin tertarik, gunakan nada suara yang sesuai dengan karakter di dalam buku, boneka, bahkan wayang. Ambil salah satu bacaan favorit anak dan wujudkan dalam bentuk bermain drama bersamanya, atau membuat panggung boneka sederhana. Libatkan ia dalam pembuatan dan permainan, untuk menumbuhkan ketertarikan dalam membaca dan meningkatkan kepercayaan dirinya.

  3. Membaca di Mana dan Kapan Pun

    Membaca tidak harus dilakukan di rumah atau sekolah saja lho, Mom. Contek deh kebiasaan orang-orang yang hidup di luar negeri, yang lebih memilih membaca buku saat sedang menaiki kendaraan umum atau menunggu antrian, ketimbang bermain gadget.

    Setiap kali bepergian, selipkan satu atau dua buku ke dalam tas anak. Jika ia mulai merasa bosan atau rewel, keluarkan dan baca bersama-sama. Jika memungkinkan, pilih buku yang memiliki topic yang sama dengan tujuan kepergian, misalnya buku cerita berkaitan dengan makanan saat sedang ada di restoran, atau transportasi ketika berada di atas kereta api maupun pesawat terbang.

  4. Berikan Contoh Nyata

    Bagaimana anak bisa senang membaca, jika jarang melihat Mom memegang buku. Ingat, anak selalu meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Jadi apabila ingin menumbuhkan kebiasaan membaca sejak dini, biasakan diri sendiri terlebih dahulu untuk gemar membaca. Tidak hanya buku novel, Mom juga dapat berlangganan koran, majalah, bahkan mencari-cari resep dari buku masakan.

Dukung kebiasaan membaca dengan melakukan beberapa langkah ini, dimulai dari rumah dan diri Mom sendiri.

Yuliana Yoeli
makasih tips nya
Fitriamarieindarto Goodmorning
Setuju...
Explore More

Pentingnya Stimulasi Empati

Article- 26 Jul 2016

Kenali Bahan-Bahan yang Disalahgunakan...

Article- 23 Sep 2016

Menjelaskan Arti Menstruasi dan Mimpi...

Article- 04 Jun 2013