Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Vitamin Penunjang Pertumbuhan Anak

Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan memerlukan makanan dengan nutrisi seimbang. Salah satunya vitamin, yang memainkan bagian penting dalam perkembangan kesehatan anak. Mulai dari mendukung pertumbuhan tinggi badan, membentuk otot, dan menguatkan gigi. Sebelum menyusun menu makan sehari-hari, pertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin anak berikut ini.

Featured Story

Sarapan Sehat

  1. Vitamin A

    Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang paling penting bagi perkembangan kesehatan anak, karena menunjang pertumbuhan tulang dan penglihatan. Selain itu, vitamin ini juga membantu sistem kekebalan tubuh dalam menangkal infeksi, dengan meningkatkan produksi sel darah putih.

    Untuk membantu memenuhi kebutuhannya, Mom disarankan memasukkan sayuran seperti wortel, hati ayam, bayam, dan kangkung. Tidak hanya itu, hati ayam dan buah-buahan berwarna jingga seperti blewah dan ubi kuning merupakan sumber makanan terbaik untuk vitamin A.

  2. Vitamin B Kompleks

    Vitamin B-2, B-3, B-5, dan B-12 memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan anak. Vitamin B-2 yang dikenal juga sebagai riboflavin membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi, dan membantu kerja otot, saraf, maupun jantung. Niacin atau vitamin B-3 juga berperan menghasilkan energi dan menjaga kulit, serta menjaga kesehatan pencernaan.

    Sedangkan vitamin B-5 atau asam pantotenat mendorong tumbuh kembang anak berjalan normal. Tidak ketinggalan, vitamin B-12 atau cobalamin membantu tubuh memanfaatkan asam folat dan karbohidrat yang mempengaruhi pertumbuhannya. Mom dapat memasukkan daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, susu , keju, telur, dan kedelai sebagai sumber yang baik dari berbagai vitamin B.

  3. Vitamin C

    Nutrisi yang larut dalam air ini berfungsi sebagai antioksidan penting dalam tubuh, yang membantu melawan infeksi dan radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga ikut terlibat dalam produksi kolagen yang baik bagi kesehatan kulit dan pemulihan akibat luka.

    Begitu juga dengan penyerapan zat besi yang lebih optimal dan efisien jika dikonsumsi bersamaan dengan sumber vitamin C. Sertakan berbagai buah dan sayur kaya vitamin C, seperti jeruk, strawberry, tomat, brokoli, mangga, dan paprika merah dalam menu sehari-hari.

  4. Vitamin D

    Vitamin D membuat anak-anak memiliki tulang yang kuat dengan membantu penyerapan kalsium dan mineral penting lainnya untuk perkembangan dan pemeliharaan tulang. Kekurangan vitamin ini berpotensi terkena rakhitis atau kerapuhan tulang. Manfaat lain dari vitamin D juga memberikan perlindungan pada sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf tubuh. Penuhi kebutuhannya dengan memberikan susu, ikan seperti tuna dan salmon, serta jamur.

Tidak hanya membuat anak kenyang, menu makanan pun sebaiknya memperhatikan pemenuhan kebutuhan vitaminnya, untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Yuliana Yoeli
makasih info nya
Fitriamarieindarto Goodmorning
Bagus nih artikelnya
Explore More

Bagaimana Berkomunikasi Dengan Anak

Tips & Trick- 26 Feb 2014

Dos & Don'ts Saat Liburan...

Article- 08 Jun 2015

Tips Dapur Aman Bagi Anak 6 Tahun Keatas

Tips & Trick- 19 Nov 2013