Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Waktunya Liburan Bersama Si Kecil!

Mom, tidak terasa liburan sudah tiba. Sejenak si kecil dibebaskan dari tugas sekolah dan seluruh kegiatan sekolah. Bagaimanapun, kegiatan sekolah yang penuh dengan PR, ulangan dan kompetisi, pasti membuat mereka lelah. Sekaranglah saatnya mereka menenangkan diri untuk mengumpulkan tenaga baru dalam menghadapi tahun ajaran berikutnya. Juga, tak kalah pentingnya, saat liburan merupakan saat yang tepat bagi kita untuk mendekatkan diri setelah kita masing-masing disibukkan oleh kegiatan sehari-hari yang padat.

Featured Story

Asupan Alami Ini Efektif Menaikkan Trombosit Anak

Apa yang bisa kita lakukan untuk si kecil di sela-sela waktu liburannya?

Bila si kecil kita sudah berusia paling tidak 5 tahun, tidak ada salahnya untuk berdiskusi dengan mereka tentang rencana liburan kali ini. Terangkan dulu secara umum, ke mana mereka akan pergi kali ini. Ke luar kota, ke rumah nenek, ke luar negeri, atau di kota kita saja. Dengan mendengarkan pendapatnya, rencana liburan juga bisa diatur sesuai dengan keinginannya sehinga si kecil bisa menikmati liburan tersebut. Kita juga dapat mengetahui minat si kecil dan ikut mengembangkannya selama liburan ini.

Kenalkan padanya berbagai tempat yang bisa dikunjungi, baik di kota yang akan didatangi, maupun di kota kita, bila tidak dapat pergi ke luar kota. Terangkan apa yang dapat ia temukan di tempat itu dan apa yang menarik dari tempat tersebut. Dengan diskusi ini, kita pun dapat membiasakan si kecil untuk ikut memikirkan orang lain. Misalnya, tempat yang ingin ia kunjungi hanyalah tempat bermain anak-anak. Maka kita pun bisa mengingatkan bahwa kita bepergian dengan ayah, ibu, kakek dan nenek, jadi, tidak bisa selalu ke tempat bermain. Membiasakan si kecil berdikusi akan membuatnya peka terhadap kebutuhan orang lain dan belajar bertoleransi.

Apabila keluarga akan pergi ke luar kota, ini adalah kesempatan untuk melatih kemandirian si kecil. Latih ia untuk mempersiapkan barang-barangnya sendiri. Jelaskan barang-barang apa saja yang diperlukan dan biarkan ia memilih. Dampingi dia ya Mom, agar pilihannya tidak terlalu banyak sehingga tidak menyulitkan juga ketika bepergian. Salah satu contoh adalah ketika dia terlalu banyak membawa baju, bisa Mom arahkan dengan mengajarkannya berhitung antara berapa lama waktu menginap dan berapa kali si kecil harus mengganti baju per harinya. Di tempat liburan nanti, ia juga bisa berlatih untuk membuat dokumentasi, seperti memotret dan membuat jurnal.

Tapi bagaimana dengan Mom yang kali ini tidak mendapatkan ijin cuti? Jangan khawatir, mengajaknya ke tempat kerja juga merupakan salah satu kegiatan yang bisa mengisi waktunya. Selain bisa memberikan suasana yang baru, kita bisa memberikan pengalaman yang unik bagi buah hati. Berikan pengertian padanya mengenai apa yang dikerjakan di kantor dan apa tujuan kita bekerja. Pengetahuan mengenai apa itu ‘Profesi‘ juga bisa diselipkan selagi kita mengajak si kecil kesempatan untuk ikut ke kantor. Jangan lupa tanyakan padanya apa profesi yang diinginkannya nanti. Selain itu mengajak si kecil ke tempat kerja kita akan membuatnya belajar mengenai tanggung jawab dan membuka wawasan kehidupannya.

Memang kita tidak dapat membawanya ke kantor tiap hari. Jadi mengikutkan si kecil pada berbagai les, seperti menggambar, public speaking, olah raga, dll bisa menjadi pilihan. Kegiatan ini biasanya menyenangkan dan berguna bagi tumbuh kembangnya.

Liburan yang baik tidak selalu berarti mahal, tapi lebih kepada memberikan pengalaman dan wawasan baru bagi si kecil, juga mempererat kedekatan keluarga. Di manapun kita berada, bila suasananya menyenangkan dan menenangkan akan menjadi momen berharga bagi keluarga. Selamat liburan bersama si kecil dan keluarga ya mom.

Mia Triana
iya mom momen yg terindah adalah kebersamaan bersama keluarga
Fifin Sonata
libur telah tiba..tidak harus mahal yang penting enjoy dan menambah keakraban...
Explore More

Ceria & Kompak Mengurus Rumah Bareng...

Article- 26 Aug 2011

Mengajak Anak Mengenali Diri Sendiri

Article- 06 Jan 2017

Dokter Keluarga, Apakah Mom...

Article- 06 Jan 2017