Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Yuk, Latih Anak Memahami P3K Dasar Sejak Dini

Mom & Dad, karena kecelakaan ringan bisa menimpa Anak Mom kapan saja dan di mana saja, ada baiknya ia belajar memahami pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

Featured Story

Jangan Sembarangan Berikan Antibiotik Sebagai Obat Demam pada Anak

 

David Markenson, M.D., Ketua American Red Cross Advisory Council on First Aid, Aquatics, Safety, and Preparedness, AS, mengatakan bahwa anak-anak memiliki kapasitas luar biasa untuk belajar. Ajarkan mereka bagaimana bereaksi ketika keadaan darurat. Dengan pemahaman P3K dasar akan membantunya tetap tenang dan aman.

 

Yuk, ajak anak Mom membuka kotak P3K, lalu jelaskan manfaat dari setiap obat dan benda yang ada di dalamnya. Misalnya, fungsi perban, plester, salep, balsem pereda nyeri, dan sebagainya. Jangan lupa juga, ya, Mom, sedia selalu OBH Combi Anak Batuk Plus Flu di kotak P3K untuk pertolongan ketika anak Mom batuk pilek.

 

Agar anak Mom lebih mudah memahami, demonstrasikan dengan menciptakan skenario dari beberapa kecelakaan yang mungkin terjadi, antara lain:

 

1. Terpentok

Kecelakaan seperti ini kerap terjadi pada masa anak-anak. Penanganan yang bisa diajarkan adalah segera mencari es batu atau air dingin dalam botol, kemudiantempelkan selama 10 sampai 15 menit untuk meredakan nyeri dan memar atau bengkak. BIla memarnya bukan di area mata, nyeri bisa dikurangi menggunakan balsem untuk anak seusianya.

 

2. Mimisan

Mintalah anak duduk tegak, tapi jangan menegadahkan kepalanya hingga ke belakang. Kendurkan setiap pakaian ketat di lehernya. Lalu, pencet bagian hidung yang lunak selama 5 hingga 10 menit untuk mencegah darah semakin banyak keluar. Kemudian bersihkan darah yang seblumnya keluar menggunakan tisu. Himbau ia untuk tidak mengkorek-korek hidung.

 

3. Tersedak

Sebaiknya jangan memberikan minuman atau makanan segera. Itu baru diperkenankan ketika anak sudah bisa bernafas secara teratur. Ajari ia untuk meminta bantuan orang sekitarnya untuk menepuk pundaknya sebanyak 5 kali.

 

4. Luka Bakar

Luka akibat terciprat air panas, tersulut api atau benda panas sebaiknya segera dibasuh dengan air yang mengalir. Lakukan hal tersebut selama 10 menit. Lalu berikan salep luka bakar atau salep antibiotik. Jika anak mengenakan pakaian yang terkena air panas sebaiknya segera dilepas.

 

5. Terkena benda tajam

Bersihkan luka dengan air mengalir. Kemudiankeringkan perlahan dengan kain atau tisu bersih, dan segera beri pembalut luka disertai obat luka yang mengandung antibiotik.

 

6. Terkilir

Segera istirahatkan tubuh agar otot relaks. Luruskan bagian tangan atau kaki yang cedera untuk menstabilkan bagian yang sakit. Lalu, kompres bagian cedera dengan air dingin untuk mengurangi bengkak dan terjadinya memar. Selanjutnya, tinggikan bagian yang sakit dengan menopangnya, demi mengurangi pembengkakan pada bagian cedera.

 

Bagaimanapun, anak-anak tetaplah anak-anak. Mereka selalu butuh banyak pertolongan walau Mom & Dad sudah mengajari P3K dasar secara rutin. Untuk itu, ada beberapa prinsip yang harus Mom & Dad dan Anak Momingat saat kecelakaan terjadi, yaitu minta pertolongan orang dewasa atau telepon Mom & Dad, manfaatkan benda-benda sekitar untuk P3K, minta bantuan medis bila luka sulit diobati, dan tetap tenang menghadapi kecelakaan ringan.

Mumut Fortuna
informasi yang sangat bermanfaat sekali
Muyasaroh
terima kasih informasinya, sangat bermanfaat
Explore More

Doodling Competition Ibu & Aku

- 23 Feb 2012

Tanamkan Kebiasaan Menyikat Gigi Kepada...

Tips & Trick- 23 Sep 2016

Mengajarkan Anak Lebih Peka Sosial Kepada...

Article- 08 Dec 2014