Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Yuk, Membiasakan Anak Mencuci Tangan dengan Benar

Setelah mampu berjalan dengan baik, umumnya anak jadi makin gemar bermain di mana pun, eksplorasi sana-sini, bahkan di tempat kotor sekalipun. Melihat kebiasaan barunya ini, sebagian Mom & Dad mungkin khawatir anak jadi mudah sakit karena terpapar kuman, lalu malah melarangnya. Padahal di masa keemasan ini, eksplorasi dibutuhkan anak untuk mengembangkan kekuatan otot, keterampilan, dan wawasan.

Featured Story

Duh, Anak Susah Untuk Minum Obat

 

Daripada menghentikan minatnya dalam bereksplorasi, lebih baik Mom & Dad mengajari anak sejak dini untuk mencuci tangannya setelah selesai bermain. Kegiatan mencuci tangan merupakan fondasi penting dalam mengajarkan pola hidup sehat.

 

Yuk, mulai mengajarkan kebiasaan baik ini. Caranya sebagai berikut.

 

1. Lakukan dengan penuh kesenangan

Permulaan terbaik untuk mengajarkan kebiasaan positif kepada anak harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Sehingga anak tidak akan merasa terbebani dan akan melakukannya dengan senang hati. Mom & Dad bisa mewujudkannya dengan membiarkannya sedikit bermain busa sabun dan air selama cuci tangan atau sambil menyanyikan lagu kesukaannya.

 

Berikan pemahaman, misalnya “Sayang, kalau kamu rajin menjaga kebersihan tangan, maka kuman jahat yang bikin kamu sakit pilek, batuk, dan sakit perut akan mati. Kalau kumannya mati, kamu sehat terus dan bisa main terus, deh.”

 

Ya, mencuci tangan dapat mencegah anak dari penyakit, di antaranya batuk dan pilek. Namun kalau ia terlanjur terserang penyakit tersebut, berikan OBH Combi Anak Batuk Plus Flu untuk membantu meredakannya.

 

2. Berikan kemudahan

Sediakan wastafel pendek khusus untuk anak. Atau, bisa juga dengan meletakkan bangku kecil di bawah wastafel biasa agar ia mudah mencuci tangan begitu selesai main, buang air, atau ketika akan mulai dan selesai makan. Jangan mencelupkan tangan ke air di dalam wadah, apalagi yang sudah digunakan orang lain, karena kuman-kuman hanya berputar di dalam wadah dan bisa menempel lagi di tangan.

 

3. Contohkan cara mencuci yang benar

Dimulai dari menggunakan sabun cuci tangan, lanjut dengan membersihkan bagian telapak tangan, sela-sela jari dan kuku serta tak lupa menggosok punggung tangan, kemudian dibilas. Selanjutnya, minta si Kecil mengulanginya sendiri dengan sabar.

 

4. Pilih handuk tangan bergambar lucu

Agar anak semakin antusias dengan aktivitas bersih-bersih ini, Mom & Dad bisa menghiburnya dengan memberikan handuk bergambar lucu. 

 

5. Jadikan Mom & Dad sebagai contoh teladan

Bila ia terbiasa melihat Mom & Dad menjaga kebersihan, seperti membuang sampah pada tempatnya atau mencuci tangan sebelum makan, anak pasti juga melakukan kebiasaan baik ini dengan senang hati.

Yun Eninggar
yyuuukkkkkkk
Lily Aguslianawaty
biasakan anak mencuci tangan yuk
Explore More

Mengapa Perlu Bersandiwara?

Article- 30 Oct 2014

Melatih Kemandirian Anak Dari Kegiatan...

Article- 30 Sep 2013

Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Tips & Trick- 23 Dec 2016