Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Yuk Olahraga, Nak!

Featured Story

Kado Natal dan Tahun Baru buat Si Kecil

Sebenarnya tidak ada ketentuan pasti, pada usia berapa anak boleh diperkenalkan pada olahraga. Namun, ada beberapa hal yang harus Mom perhatikan, yaitu kesiapan fisik dan psikologisnya. Menurut laman “Educated Sports Parent”, anak yang usianya terlalu dini belum memiliki fisik yang kuat untuk berlatih rutin; secara mental pun, ia belum sanggup sepenuhnya bersikap sportif sehingga ada baiknya mengenalkan jenis-jenis olahraga pada anak saat ia menginjak usia delapan tahun.

 

Macam Olahraga Untuk Anak

Banyak manfaat yang bisa anak Mom dapatkan dengan rutin berolahraga, seperti mengurangi risiko obesitas, melatih kekuatan otot, membantu pertumbuhan tulang, meningkatkan kualitas tidur, serta mengurangi stres dan kegelisahan.

 

Cedera bisa saja dialami anak saat ia melakukan olahraga. Karena itu, jangan lupa mempersiapkan baju khusus dan segala perlengkapan sesuai dengan jenis olahraga yang dimainkan harus demi mengurangi risiko cedera fisik. 

 

Apa saja cabang olahraganya?

Berikut adalah olahraga yang bisa Mom kenalkan pada anak agar ia semakin sehat dan aktif:

 

1. Renang

Kebanyakan anak pasti suka dengan aktivitas yang melibatkan air. Maka tidak ada salahnya memanfaatkan olahraga renang sebagai latiahan fisik yang berguna bagi buah hati. Renang memiliki manfaat kesehatan, seperti meningkatan kesehatan jantung, serta melatih dan membentuk otot

 

2. Bulutangkis

Hingga saat ini, bulutangkis masih menjadi salah satu olahraga andalan yang membawa nama harum Indonesia di kancah dunia internasional. Mengikusertakan anak ke dalam latihan yang beralatkan raket dan kok ini bisa saja menjadi prestasi yang membanggakan bagi anak Mom kelak

 

3. Sepak Bola

Baik di rumah maupun di sekolah, olahraga ini masih menjadi kegiatan favorit yang mayoritas dimainkan oleh anak laki-laki. Dengan memainkannya, anak bisa terus menjaga kebugaran tubuhnya sambil melatih konsentrasi dan kerjasama tim

 

4. Karate

Dalam karate terdapat tiga latihan dasar, yaitu teknik dasar yang terdiri dari memukul, menendang, dan menangkis, serta latihan jurus dan latihan tanding. Olahraga ini bertujuan untuk membela diri yang terfokus membangun kekuatan dan ketahanan.

 

Bila anak Mom terlihat memiliki bakat dan serius dalam cabang olahraga tertentu, Mom bisa mengikutsertakannya dalam organisasi olahraga berjalur profesional seperti Persatuan Renang Seluruh Indonesia, PSSI, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia, dsb. 

Sri Utami Saroh
olahraga supaya tubuh senantiasa sehat selalu
Sri Utami Saroh
yang paling familiar yaitu renang dan sepak bola min.hehe
Explore More

Saat Orangtua Tidak Menepati Janji

Article- 25 Jan 2017

Permainan Seru Tidak Harus Mahal

Article- 27 Feb 2017

Menghadapi Nafsu Belanja Anak

Tips & Trick- 22 Dec 2011