Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Yuk, Stop Jajan Sembarangan!

Anak dan teman-temannya kerap kali tergoda mengonsumsi jajanan yang dijual di depan sekolah atau di pinggir jalan. Bagaimana cara Mom melindunginya dari bahaya jajanan yang tak higienis?

Featured Story

Kenali Bahan-Bahan yang Disalahgunakan pada Jajanan

 

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa perilaku jajan sembarangan rentan membuat anak terserang penyakit gangguan pencernaan, salah satunya adalah diare. Betapa tidak, berbagai jenis jajanan yang dijual untuk anak sekolah biasanya tidak dapat dikontrol tingkat kebersihannya. Selain belum tentu sesuai dengan standar kebersihan, jajanan tersebut juga bisa jadi mengandung lebih banyak gula serta pewarna buatan sehingga tidak sehat untuk tubuhnya. Mengajari anak agar tidak jajan sembarangan bukanlah perkara mudah, lakukan langkah-langkah berikut secara perlahan ya, Mom.

 

  1. Bekali anak dengan pengetahuan
    Tentu saja, Mom dan Dad wajib memberi pengertian kepadanya mengenai risiko jajan sembarangan. Bagi anak usia sekolah, mereka tentunya telah paham mengenai konsep kotor dan sakit. Risiko tersebut dapat juga Mom sisipkan misalnya, pada cerita dongeng sebelum anak tidur. Misalnya, buatlah cerita dengan karakter berbagai hewan yang gemar jajan sembarangan. Akibatnya, mereka kemudian sakit dan akhirnya memilih untuk makan jajanan yang dibuat di rumah. Pesan yang disampaikan dengan cara yang fun seperti itu biasanya akan lebih mudah diingat oleh anak.

  2. Beri pilihan lain
    Anak jajan sembarangan biasanya karena ikut-ikutan teman, ditambah dengan rasa penasaran, terlebih jika ada jenis jajanan yang sedang populer. Jadi, tidak perlu terlalu ketat, Mom bisa memberinya ijin untuk jajan sesekali, misalnya seminggu sekali. Setelah jajan, tanya anak, “Bagaimana, enak nggak jajannya?” atau “Kamu lebih suka jajanan depan sekolah atau buatan Mom?” sehingga Mom bisa lebih mengerti rasa kesukaan anak. Setelahnya, Mom bisa membekalinya dengan kudapan jajanan sehat yang dibuat sendiri atau diperoleh dari sumber yang terpercaya kebersihannya.

  3. Beri contoh
    Sebagai orang tua, Mom dan Dad sebaiknya tidak membiasakan mengajak jajan anak sembarangan. Misalnya, saat berjalan-jalan atau piknik ke luar kota, biasakan membawa kudapan atau jajanan dari rumah. Berbagai kudapan sehat seperti jagung, kacang rebus, buah potong yang dicelup cokelat, hingga kue kering bahkan popcorn yang bisa disiapkan dari rumah bisa menjadi teman perjalanan yang menyenangkan, kok.
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Weekend Saatnya Beberes Games Anak Di...

Article- 20 Aug 2013

Kreativitas Meningkat Dengan Belajar Piano

Article- 21 Jul 2014

Lindungi Anak dari Kecanduan Gadget

Article- 12 Dec 2017