Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Anak Batuk dan Pilek Boleh Langsung Diberi Antibiotik?

 

Featured Story

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak dengan 5 Cara Ampuh Ini

Penggunaan antibiotik yang sembarangan bisa bikin anak kebal antibiotik. Jadi, kapan waktu tepat berikan antibiotik?

 

Melihat si buah hati yang kehilangan keceriaan karena batuk dan pilek memang menyedihkan. Ia menjadi rewel, susah tidur, dan menolak makan. Jika sudah begini, orang tua ingin anaknya cepat sembuh. Bahkan tak jarang saat berobat ke dokter tercetus kalimat “Dok, minta antibiotik saja, biar anak saya cepat sembuh.” Nah, apakah semudah itu memberikan antibiotik? Kapan anak membutuhkan antibiotik?

 

Sangat mudah menular

Batuk pilek atau common cold biasanya disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas, yakni hidung dan tenggorokan. Infeksi virus sangat mudah menular lewat percikan ludah atau melalui sentuhan. Masa inkubasi virus batuk pilek, sejak virus masuk hingga menimbulkan keluhan adalah 2-3 hari. Anak akan merasa gejala yang parah setelah 2-3 hari munculnya gejala. Untuk lebih jelasnya perhatikan skema berikut:

 

Virus masuk à inkubasi (2-3 hari) à timbul gejala à puncak keparahan (2-3 hari) à gejala berangsur pulih, sampai sembuh total (waktu bervariasi).

 

Meski tergolong infeksi virus yang ringan, namun gejala batuk pilek sangat mengganggu. Anak akan mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat, tidak enak badan, suara serak, gatal di tenggorokan, sakit kepala, demam, dan mata berair. Dan yang paling membuat ibu semakin tambah cemas adalah anak kehilangan nafsu makannya.

 

Tip hadapi batuk pilek

Saat anak terserang batuk pilek, cobalah lakukan hal berikut:

·       Pastikan anak cukup istirahat (tidur)

·       Mengonsumsi makanan kaya serat dan rendah lemak, serta mengonsumsi suplemen zinc dan vitamin C

·       Minum banyak air putih 

·       Oleskan balsem pada punggung dan dada si kecil

·       Untuk meredakan nyeri pada tenggorokan, mintalah anak kumur dengan air garam (pada anak yang sudah lebih besar)

·       Mengonsumsi OBH Combi Batuk Plus Flu Anak yang mengandung parasetamol, Succus liquiritiae extract yang memiliki efek ekspektoran, serta komposisi lainnya untuk meredakan batuk dan gejala flu pada anak.

·       Pada saat membeli obat pereda batuk pilek untuk anak, baca kemasannya, apakah obat tersebut dapat diberikan pada anak sesuai usianya. Jika masih ragu, tanyakan kepada apoteker agar lebih jelas.

·       Hal lain yang juga penting adalah menjaga suhu kamar agar tetap nyaman untuk anak. Suhu hangat dapat membantu melegakan pernapasan. Jika hidung anak tersumbat, ganjal kepalanya dengan bantal agar posisi kepala sedikit lebih tinggi dari badannya.

 

Jangan ceroboh menggunakan antibiotik

Antibiotik adalah obat untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, sementara batuk pilek disebabkan oleh virus. Mengonsumsi antibiotik secara sembarangan menyebabkan bakteri menjadi resisten terhadap antibiotik, sehingga pada saat benar-benar dibutuhkan, antibiotik tersebut sudah tidak efektif lagi.

Resistensi antibiotik adalah salah satu ancaman paling berbahaya terhadap kesehatan masyarakat. Resistensi antibiotik terjadi ketika bakteri mengembangkan kemampuan untuk ‘mengalahkan’ obat yang dirancang untuk membunuh mereka. Setiap tahun di Amerika Serikat, sedikitnya 2 juta orang terinfeksi bakteri yang resisten terhadap antibiotik, dan sedikitnya 23.000 orang meninggal akibat hal tesebut.

 

Kapan antibiotik dibutuhkan?

Antibiotik hanya diperlukan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, misalnya; radang paru-paru, sepsis. Antibiotik diperlukan untuk orang yang berisiko tinggi terkena infeksi, sebut saja pasien yang menjalani operasi, pasien dengan penyakit ginjal stadium akhir, dan sebagainya.

Ayo ibu, berikan buah hati Anda yang terbaik. Dengan perawatan yang tepat serta pengobatan yang sesuai si kecil akan kembali sehat dan ceria lagi. Salam sehat.

 

Referensi:

https://www.webmd.com/cold-and-flu/flu-treatment-antibiotics-or-not#1

https://www.cdc.gov/features/antibioticuse/index.html

https://www.alodokter.com/batuk-pilek

 

Explore More

Tanda-Tanda Anak Butuh Bantuan Bimbingan...

Article- 09 Jan 2018

Perlukan Anak Mengikuti Kegiatan Tambahan?

Article- 27 Feb 2015

Aktivitas Fisik Asyik Buat Anak Tanpa ke...

Article- 09 Feb 2018