Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Awas! Batuk Bisa Menghilangkan Keceriaan Si Kecil, Lho.

Featured Story

Ini Saat Tepat Periksakan Anak Mimisan ke Dokter

Saat batuk tubuh seringkali terasa tidak nyaman, apalagi jika terjadi pada si Kecil. Sebagai orang tua pasti tidak ingin si Kecil menjadi lesu dan tidak semangat dalam bermain atau belajar. Untuk membangkitkan kembali semangatnya, coba beberapa kegiatan berikut yuk Mom. Tenang, semuanya bisa dilakukan di rumah jadi kita bisa jaga kebersihan dan kehigienisannya. 

  1. Bermain Uap

Jangan dibayangkan uap kereta api ya, Mom. Uap yang dimaksud di sini adalah uap hangat dari air panas yang bisa membantu memperlancar pernapasan si Kecil dan membantu menghangatkan tubuh. Saat si Kecil menghirup uap hangat, dahak yang menumpuk pada saluran pernapasan perlahan akan berkurang dan napas akan perlahan lega. Supaya si Kecil tidak takut, kegiatan ini bisa dilakukan 5 menit saat mandi sambil bermain busa. 

2. Membaca Buku Bersama

Saat batuk, si Kecil cenderung terasa lemas dan kehilangan keceriaannya untuk bermain. Supaya cerianya tidak hilang, ajak si Kecil untuk ikut membaca buku favoritnya bersama-sama sebelum tidur. Kegiatan ini bisa membuat si Kecil tetap bisa bermain tanpa harus menguras banyak energi.

3. Bermain Sandiwara Boneka

Permainan lainnya yang bisa dilakukan di rumah saat si Kecil sedang batuk adalah bermain sandiwara boneka. Permainan ini bisa dilakukan di atas kasur menggunakan barang yang ada seperti kaus kaki atau boneka. Ciptakan berbagai kreasi cerita dengan berbagai jenis karakter untuk memancing imajinasi si Kecil dalam bermain.

Semoga informasi di atas bisa tetap menjaga keceriaan si Kecil saat sedang batuk ya, Mom! Lakukan pertolongan pertama pada si Kecil seperti, memastikan tidur cukup, minum air putih dengan cukup, dan mengoleskan balsem khusus anak supaya tubuh tetap terasa hangat. Selain itu, posisikan kepala si Kecil lebih tinggi saat tidur juga bisa membantu melegakan pernapasan yang tersumbat akibat batuk. 

Source:

https://www.alodokter.com/cara-sederhana-meringankan-batuk-pilek-pada-anak

https://www.beritasatu.com/archive/84412/5-aktivitas-di-rumah-bagi-anak-yang-sedang-sakit

https://www.lifebuoy.co.id/semua-artikel/berita-kesehatan/10-cara-mengatasi-hidung-tersumbat-dan-mampet-dengan-lakukan-tip.html

Explore More

Pererat Hubungan Melalui Tradisi

Tips & Trick- 14 Jul 2015

Agar Si Kecil Tetap Ceria Selama...

Tips & Trick- 23 Aug 2011

Tips Menghilangkan Kebiasaan Buruk Anak

Article- 15 Dec 2014