Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Bebaskan Anak untuk Main Hujan & Hindari Risikonya!

Featured Story

Tanamkan Kebiasaan Menyikat Gigi Kepada Anak dengan Cara yang Menyenangkan

Hujan seringkali dikaitkan dengan pembawa penyakit bagi si kecil oleh para orangtua. Padahal, tahukah Moms bahwa dengan main hujan, buah hati sebenarnya mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan untuk tumbuh kembang mereka. Selain itu, hujan tidak selalu menjadi penyebab sakit si kecil.

 

Saat main hujan, Moms dapat menemani anak sambil mengajarkan mereka fakta tentang hujan secara sederhana. Buatlah semacam games atau quiz agar si kecil bukan hanya bermain, tetapi juga belajar dari pengalamannya bermain hujan. Kemampuan fisik dan motorik pun dapat terangsang dan berkembang pula. Ditambah lagi, otak kreativitas dan imajinasinya juga dapat berkembang dengan melihat langsung apa yang terjadi ketika hujan turun.

 

Untuk menanggulangi penyakit yang kerap datang setelah main hujan yaitu batuk dan flu, Moms perlu memperhatikan hal-hal berikut:

-        Jangan biarkan anak bermain pada saat hujan pertama kali turun. Air hujan yang turun pertama kali berfungsi sebagai pembersih polusi udara, yang menyebabkan air hujan ini bercampur dengan zat kimia yang dapat membuat buah hati menjadi tidak sehat. Tunggulah pada hujan berikutnya untuk mengizinkan mereka bermain hujan.

-        Lepaskan pakaian mereka & segera mandikan dengan air hangat setelah main hujan. Hal ini diperlukan agar suhu badan si kecil terjaga dan terhindar dari risiko terkena penyakit.

-        Berikan si kecil makanan dan minuman hangat untuk membantu menghangatkan tubuh mereka. Pastikan agar mereka memiliki waktu istirahat yang cukup.

 

Namun, jika si kecil tetap terkena batuk dan gejala flu setelah bermain hujan, berikan OBH Combi Anak Batuk Plus Flu, yang membantu kalahkan batuk plus gejala flu untuk buah hati!

 

  

Reference:

-        https://hellosehat.com/parenting/tips-parenting/manfaat-tips-anak-main-hujan/ 

-        https://www.suara.com/health/2018/06/26/150000/jangan-kurung-anak-di-rumah-ini-manfaat-hujan-hujanan-bagi-anak

-        https://kumparan.com/@kumparanmom/benarkah-mandi-hujan-bisa-bikin-anak-sakit-1545794323614437786

-        https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/15/08/08/nspvsz257-larang-anak-mandi-hujan-ini-pesan-rasulullah

Explore More

Musik dan Emosi Anak

Article- 25 Mar 2014

Ayo Temani Anak Bermain!

Article- 06 Dec 2016

Dos & Don'ts Saat Liburan...

Article- 08 Jun 2015