Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Biar Tak Lemas, Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Selama Puasa

Betapa bangganya Mom saat anak memutuskan untuk ikut berpuasa. Memperkenalkan anak sejak dini pada ibadah puasa memang penting untuk melatih keimanannya. Tapi jangan sampai melupakan kebutuhan nutrisinya yang penting buat tumbuh kembangnya, dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Featured Story

Hentikan Bullying dengan Kiat-Kiat Ini


1. Memastikan Menu Makanan Bernutrisi Lengkap

Menjaga asupan nutrisi anak selama berpuasa sangat penting agar ia tidak merasa lemas saat harus menahan lapar dan dahaga, baik saat berpuasa setengah hari atau sehari penuh. Oleh karena itu, pastikan menu makanan mengandung nutrisi lengkap, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.


2. Pertimbangkan Menu Sahur dan Berbuka

Di usia tumbuh kembangnya, anak-anak butuh makanan sebagai sumber energi sekaligus mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Saat berpuasa, mereka bukan hanya butuh makanan yang mengenyangkan tapi juga punya komposisi gizi yang seimbang. Misalnya untuk sahur, pilih makanan yang membuat anak kenyang lebih lama seperti dada ayam panggang, oatmeal, kentang panggang, pisang, atau apel.

Sedangkan untuk menu berbuka puasa, sajikan makanan yang punya indeks glikemik tinggi, sehingga dapat mengembalikan energi anak dengan cepat. Sajikan roti atau kentang panggang dengan wortel kukus, dan yogurt yang juga kaya nutrisi, sehingga akan membantu menjaga kesehatan tubuh anak saat puasa.


3 Cegah Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh bukan hanya bikin tubuh anak terasa lemas, tapi juga dapat mengganggu kesehatannya. Pastikan untuk memberinya air minum yang cukup dengan memberikan 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas untuk sahur. Selain itu, bisa juga menyajikan sayur dan buah yang tinggi kandungan air seperti semangka, jeruk, timun, atau tomat.


4. Ajarkan Kiat Berpuasa dengan Benar

Prinsip utama anak berpuasa adalah harus dalam kondisi sehat. Sebaiknya, mulai ajarkan puasa secara perlahan untuk mengenalkan apa itu puasa dan bagaimana menjalankannya. Bagi anak-anak yang baru pertama kali berpuasa, ajak sahur mendekati waktu imsak dan segera berbuka setelah adzan magrib. Ingatkan juga untuk memakan menu yang bernutrisi dengan porsi yang cukup agar kesehatannya tetap terjaga.


Jangan sampai gejala flu dan batuk merusak pengalaman pertama anak dalam berpuasa. Percayakan pada OBH Combi Anak Batuk Plus Flu dengan 4 varian rasa yaitu Strawberry, Madu, Apel, dan Jeruk, untuk meredakan gejala flu dan batuk. Mom, memperbolehkan anak berpuasa boleh-boleh saja, asal perhatikan asupan nutrisinya agar tak sampai mengganggu tumbuh kembangnya.

Explore More

Etika Kakak Kepada Adiknya dan Sebaliknya

Article- 09 Jan 2015

Tingkatkan Konsentrasi Belajar Anak...

Article- 27 Apr 2012

Membentengi Anak yang Merasa Kecewa

Article- 26 Jul 2016