Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Cara Jitu Bantu Anak Temukan Minat dan Bakatnya

Setiap orangtua memiliki impian yang besar untuk anak-anaknya, bahkan tidak sedikit yang ingin anaknya menjadi penerus atau setidaknya mewarisi kemampuan yang sama. Tapi yang tak kalah pentingnya adalah mengenali kemampuan dan keinginan sang buah hati. 

Featured Story

Anak Mom Suka Ngambek? Ini Tips Mengatasinya!

Sudah jadi tugas Mom untuk membantu mereka menemukan minat dan bakat, yang nantinya bisa jadi modal penting buat masa depannya. Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini!


1. Ajak Anak Melakukan Aneka Kegiatan yang Berbeda

Sebagai orangtua, Mom mungkin merasakan tekanan saat mengikutkan anak ke berbagai kelas atau aktivitas untuk melihat mana yang ia sukai. Tapi memiliki kebebasan dan waktu untuk mengeksplor kemampuannya adalah salah satu cara terbaik bagi anak-anak untuk menemukan apa yang menjaid minat dan bakatnya. Biasanya, ia akan mulai tertarik pada satu atau dua kegiatan, tapi sebaiknya hindari memaksa dan biarkan anak memilih bidang apa yang disukainya.


2. Dengarkan Pendapatnya

Cara paling mudah untuk menemukan bakat alami anak adalah dengan menanyakan kegiatan apa yang dinikmatinya. Dengarkan apa pun yang mungkin ia katakan tentang minat mereka dan apa yang tidak mereka sukai. 

Biasanya mereka akan memberikan petunjuk-petunjuk kecil atau bahkan membicarakannya terus-menerus, Misalnya anak yang suka musik belum tentu berminat untuk memainkan alat musik tertentu. Menemukan bakat anak tidak harus sulit, cukup perhatian dan ingat jika ini bukan tentang keinginan orangtua. 


3. Tahu Kapan Memberikan Dorongan

Jangan jadi orang yang memadamkan mimpi dan passion anak. Walaupun keinginan mereka mungkin tampak kurang realistis, dorong ia untuk mengikuti kata hatinya. Gunakan kalimat positif agar ia dapat merasakan dukungan Mom dalam segala kegiatannya. Tanyakan cita-cita dan target yang diinginkannya sehingga bisa memahami langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mendorong minat dan bakatnya.


4. Jangan Berharap Terlalu Banyak

Setelah mencoba berbagai kegiatan untuk sementara waktu, bukan berarti anak-anak langsung menyukainya. Bahkan saat ia unggul dalam suatu kegiatan dan kemudian memutuskan untuk berhenti, cari tahu apa penyebabnya dan move on. 

Tapi sebelumnya, beri tahu anak-anak untuk menyelesaikan kegiatannya dalam kurun waktu tertentu. Hal ini akan mengajarkan pada anak-anak tentang pentingnya berkomitmen pada hal yang sudah ia putuskan.


5. Beri Pujian Karena Sudah Mencoba

Mom dapat mendorong bakat dan minat anak dan mengajaknya menjajal berbagai aktivitas. Tapi serahkan keputusan pada anak untuk melakukannya dalam jangka panjang atau tidak. Jangan menekannya, tapi puji usahanya bahkan untuk sekadar mencobanya. Ambil nilai positifnya, misalnya mengenal hal baru, melatih rasa percaya diri, hingga melatih kemampuan bersosialisasi anak.


Setiap anak merupakan individu yang unik dengan bakat dan minatnya masing-masing. Sudah jadi tugas Mom sebagai orangtua untuk membantu mereka menemukan bakat dan minat yang membuatnya bahagia.

Explore More

Wisata Museum ke Museum Terfavorit di...

- 29 Jun 2012

Pentingnya Suplemen Untuk Anak Yang...

Article- 06 Aug 2013

Membalas atau Mengalah

Article- 08 Dec 2014