Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Cara Sederhana Besarkan Anak yang Penuh Welas Asih

Sering bertengkar karena berebut mainan, bersikap kasar, hingga cuek dengan kondisi orang-orang di sekitarnya seakan jadi hal yang lumrah dilakukan oleh anak-anak. Kebanyakan memaklumi kemampuannya yang sedang berkembang di usia anak yang masih terbilang muda. 

Featured Story

Menjadi Guru Pertama Bagi Anak

Padahal memiliki empati sebenarnya sudah ditunjukkan oleh anak sebelum menginjak umur 1 tahun. Untungnya, sikap penuh welas asih bisa diasah dan ditumbuhkan dengan cara-cara yang sederhana, seperti berikut ini.


1. Tunjukkan Bagaimana Bersikap Lembut dan Ramah

Mengajarkan anak-anak tentang bagaimana caranya memperlakukan sesuatu atau bersikap pada seseorang akan membantunya memahami jika semua tindakan memiliki konsekuensi. Tunjukkan bagaimana bersikap lembut, misalnya dengan mengambil tangannya dan menunjukkan padanya secara fisik bagaimana sentuhan lembut itu.

Selain secara fisik, berikan contoh lewat nada suara yang tenang, hangat, dan peduli. Dimulai dari cara Mom memperlakukan anak atau orang lain yang sedang kesakitan atau mengalami masalah. Tanamkan juga sikap menghormati pada siapa saja, dengan perlakuan yang penuh dinta kasih dan kata-kata lembut.


2. Beri Contoh Memperlakukan Orang Lain dengan Baik

Cara Mom memperlakukan orang lain akan menjadi pelajaran yang diserap oleh anak-anak. Jika terbiasa menggunakan kata-kata kasar, nada yang tinggi, dan penuh dengan emosi, kemungkinan besar anak akan melakukan hal yang sama untuk orang-orang di sekitarnya. Sebaliknya, berempati pada mereka yang sudah berbuat salah padamu akan membantu anak untuk memahami perasaan orang lain.

Jika mudah marah, jangan ragu untuk meminta maaf pada anak-anak. Semua orang bisa membuat kesalahan, termasuk orangtua. Bagaimana Mom mengatasinya sesudah amarah itu reda akan membuat perbedaan besar pada cara anak berempati pada sesamanya.


3. Bantu Anak Cara Berteman

Sebagai orangtua, Mom wajib memantau anak selama waktu bermain sehingga dapat membantunya menguasai cara berteman. Secara konsisten, ingatkan anak untuk memperlakukan orang lain dengan baik. 

Berikan konsekuensi sederhana saat anak melanggar aturan tersebut, misalnya mempersingkat waktu bermain atau menyimpan mainan favoritnya. Apabila ia terlibat pertengkaran dengan temannya, ingatkan jika ia tidak harus menyukainya tapi tetap wajib bersikap baik padanya.


4. Beri Pujian Padanya Saat Berbuat Baik Pada Orang Lain

Anak belajar dari pengalaman berharga, salah satunya saat mendapatkan apresiasi sebagai teman yang baik saat meminjamkan mainannya dengan senang hati. Seiring waktu, ia akan mengerti jika sikap suka membantu akan dihargai oleh banyak orang. 

Selain lewat aktivitas sehari-hari, Mom bisa membantu anak berbuat baik. Mulai dari menyumbangkan uang atau barang dalam kegiatan amal, membacakan cerita, hingga mendorongnya untuk membantu pekerjaan di rumah.


Lewat cara-cara sederhana, bantu anak untuk mengasah kemampuan empatinya sehingga dapat memahami dan bersikap baik pada orang lain.

Explore More

Kompak Yoga Bareng Anak, Jaga Tubuh Tetap...

Article- 09 Feb 2018

Melatih Anak Untuk Menyelesaikan Masalah...

Article- 12 Sep 2013

Saatnya Bermain Bersama Teman!

Article- 03 Feb 2016