Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Cara Seru Perkenalkan Anak pada Keanekaragaman

Faktanya, sejak umur 2 tahun, anak-anak mulai memperhatikan adanya perbedaan gender dan ras di sekelilingnya. Di dunia ini, orang-orang hidup berdampingan dengan agama, etnis, dan latar belakang berbeda. Namun, tidak semua anak terpapar oleh konsep keberagaman, bahkan tidak sedikit yang tumbuh menjadi sosok yang takut menghadapi perbedaan tersebut. 

Featured Story

Cegah Si Kecil Terkena Batuk Pilek di Sekolah!

Tanpa bahasa yang terlalu rumit, kenalkan konsep keanekaragaman sejak dini lewat aneka aktivitas seru berikut ini.


1. Traveling ke Berbagai Tempat

Mendapatkan pengalaman langsung di tempat baru akan sangat membantu anak-anak dalam memahami budaya yang berbeda. Selain bisa belajar bahasa baru, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk melihat cara hidup yang berbeda. Mulailah dengan mengeksplorasi tempat wisata yang menonjolkan konsep budaya di negeri sendiri, misalnya berwisata ke kampung adat atau mengunjungi museum yang menyimpan keberagaman budaya lokal.

Belum punya kesempatan untuk mengajak anak-anak traveling? Tidak masalah. Awali dengan memiliki bola dunia atau peta dunia lalu minta mereka untuk mengeksplor area lain di dunia dan dorong untuk berani mengajukan pertanyaan atau terlibat dalam diskusi.


2. Berteman Tanpa Membedakan

Cara terbaik untuk belajar tentang seseorang adalah menghabiskan waktu bersamanya. Mom mungkin tidak bisa selalu memilih dengan siapa anak-anak akan berteman, tapi sebaiknya jangan melarang mereka bermain dengan teman yang punya perbedaan. Bukan hanya anak-anak saja yang didorong untuk berteman tanpa membedakan, tapi Mom sendiri juga harus memberikan contoh, misalnya dengan menghabiskan waktu bersama orang-orang dengan agama, ras, maupun budaya yang berbeda.


3. Memperkenalkan Buku atau Film yang Mengajarkan Perbedaan Budaya

Ada berbagai media yang bisa digunakan oleh Mom untuk mengajarkan perbedaan budaya pada anak-anak. Seperti buku-buku yang memberikan informasi tentang agama, kebiasaan budaya, hingga gaya hidup yang berbeda untuk mengenalkan pada konsep keberagaman. 

Begitu juga dengan film khusus anak-anak yang mengulas tempat dan budaya yang baru. Mulai dari ALADDIN, AROUND THE WORLD IN 80 DAYS, MULAN, COCO, hingga DUMBO. Film-film ramah anak yang indah ini memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengintip budaya lain yang tak kalah unik.


4. Mendatangi Festival Budaya

Tidak jarang ada komunitas yang menggelar festival budaya yang tujuannya mengenalkan tradisi unik ke masyarakat. Coba ajak anak-anak untuk melihat aneka kostum dan tradisi yang unik, musik, hingga tarian yang ditunjukkan. 

Bukan hanya itu saja, ada juga beberapa even yang memberi kesempatan bagi para pengunjung untuk mencicipi kuliner daerah lain hingga mengajarkan bahasa asing. Selain menjadi pengalaman yang mengasyikkan bagi anak-anak, mereka juga dapat belajar tentang keberagaman yang ada di sekitarnya.


Membesarkan anak-anak yang memiliki kesadaran akan keberagaman dapat membuat perbedaan yang positif di masa yang akan datang. Mulai dari tumbuhnya sikap empati hingga kemudahan beradaptasi saat dewasa. Siap menjajal beberapa tips ini?

Explore More

Mendukung Bakat yang Dimiliki Anak

Tips & Trick- 06 Jan 2017

Cegah Sakit, Tetap Sehat

Article- 24 Mar 2015

Selain Menyehatkan, Makanan ini Baik Buat...

Article- 10 Feb 2018