Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Cari Tahu Potensi si Kecil lewat Minatnya Yuk, Moms!

 

Featured Story

Memperkenalkan Anak Pada Lingkungan Sekitar

Hobi memiliki beragam manfaat, khususnya bagi perkembangan si Kecil. Melalui hobi, anak dapat menikmati waktu senggangnya, menumbuhkan rasa percaya diri, bahkan memaksimalkan potensi dari minatnya. Nah, untuk mencari tahu hal tersebut, kenali dulu hobi yang sering dilakukannya dengan cara berikut:

 1. Amati Kebiasaannya

Biasanya, anak gemar melakukan sesuatu yang berulang karena menurutnya kegiatan tersebut menarik dan menyenangkan. Langkah ini bisa jadi tahap awal yang tepat untuk melihat kegemaran si Kecil sejak dini.

 

2. Biarkan si Kecil Bereksplorasi

Moms bisa beri si Kecil kebebasan yang luas untuk mengeksplorasi hobinya. Agar dapat berjalan maksimal, pantau dan arahkan mereka supaya bisa memperdalam kegemarannya ya, Moms!

 

3. Sarankan Kegiatan yang Membangun, Namun Jangan Memaksanya

Bakat yang baik adalah yang bisa mengantarkan si Kecil menjadi lebih berkembang. Beri saran berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk jangka panjang tumbuh kembang anak, namun jangan lupa beri mereka ruang untuk memilih kesukaannya.

 

4. Pelajari Apa yang Sebelumnya Tidak Berhasil

Terkadang, beberapa orang tua memilih untuk mendaftarkan anaknya ke berbagai kursus non-akademik untuk melihat potensi yang ada, namun perhatikan juga apakah si Kecil merasa senang atau tidak. Kalau dipaksakan, bakat si Kecil tidak akan terlihat dan menjadi sia-sia, Moms.

 

5. Ajarkan si Kecil Bersosialisasi

Komunitas atau kelompok yang memiliki hobi yang sama akan membantu si Kecil mengembangkan potensinya dan saling bertukar pikiran dengan anak-anak sebayanya. Langkah ini juga bisa melatih kepercayaan diri si Kecil pada lingkungan yang baru.


 6. Dukung Kesukaannya

Tumbuh kembang bakat anak tidak akan lengkap tanpa dukungan dari Moms. Oleh karena itu, selalu dukung si Kecil atas apapun yang mereka lakukan selama berdampak positif bagi dirinya maupun untuk orang banyak, terlebih apabila mereka mampu berkembang dan bersaing dalam bakatnya.


Itulah beberapa cara yang bisa Moms lakukan agar tau bakat si Kecil. Perlu diingat bahwa menjadi #SuporterAnakNo1 akan membantu Si Kecil menemukan minat yang mereka sukai tanpa paksaan. Sudahkah Moms tahu minatnya?

Sumber:

https://kiddo.id/mengetahui-hobi-anak/

https://www.mommynearest.com/article/8-ways-to-help-your-kids-find-a-hobby-they-love

Explore More

Aktivitas Bersama Anak untuk Sebarkan...

Article- 20 Jan 2017

Ups, Sikap Orangtua Ini Justru Turunkan...

Article- 10 Nov 2017

Menjawab 5 Pertanyaan Anak Tentang Puasa

Article- 06 Sep 2017