Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ide Kegiatan Seru dan Mudah untuk Anak di Rumah

Featured Story

Ide Kreatif Membuat Mainan Anak Dari Barang Tak Terpakai

Siapa bilang main di dalam rumah membosankan? Banyak yang Mom dan Si Kecil bisa lakukan tanpa harus mengandalkan gadget ketika cuaca sedang tidak memungkinkan untuk keluar rumah. Yuk coba sendiri beberapa ide di bawah ini!

 1. Membuat Prakarya Seni

Semua anak pada dasarnya suka berkreasi. Pancing kreativitasnya dengan berbagai kegiatan menarik yang membutuhkan keterampilan seperti menggambar, menempel, melipat, dan menggunting. Mom hanya perlu menyiapkan peralatan seperti kertas, spidol atau krayon, lem, stik es krim, kertas origami, dan lain-lain. Membuat scrapbook, melukis dengan jari, menghias piring plastik, dan mengecap dengan balon adalah contoh yang bisa Anda dan anak lakukan di rumah dengan peralatan yang ada.

 2. Membuat Kue

Tidak hanya memicu kreativitas, membuat kue juga secara tidak langsung bisa mengajari anak untuk membantu keluarga di rumah. Ajak anak untuk ikut serta dalam proses yang aman seperti membentuk adonan atau menghiasnya sesuka hati. Anda bisa mencoba dari kue-kue yang mudah dibuat seperti bola-bola coklat, donat, atau kue kering. Jangan lupa perhatikan kebersihan tangan Si Kecil, ya.

 3. Mengolah Fisik

Kegiatan fisik tidak selalu harus di luar rumah. Misalnya, hanya berbekal botol-botol plastik dan bola mainan, Mom sudah bisa mengajak Si Kecil untuk bermain bowling sederhana. Contoh lainnya, Anda juga bisa bermain tenis balon dengan balon dan raket mainan, perang bantal, main karet, mini golf dengan kardus berlubang, dan lain-lain. Dengan begitu, anak tetap bisa aktif dan menyalurkan energinya.

 4. Bermain Tebak-tebakan

Selain disukai anak, bermain tebak-tebakan bisa melatih otak mereka. Contohnya, Mom bisa mengajak Si Kecil menebak nama hewan dari ciri-cirinya atau jika ingin lebih menarik lagi, Anda bisa siapkan kardus kosong yang diletakkan terbalik dan dibolongi kedua sisinya, lalu mengisinya dengan 1 benda yang ada di rumah. Tanpa mengintip, si Kecil harus memasukkan tangannya dan meraba benda tersebut untuk menebaknya dari tekstur dan bentuknya.

 

Referensi:

https://morningchores.com/diy-indoor-activities/

https://parenting.orami.co.id/magazine/seru-dan-bisa-dilakukan-di-rumah-5-ide-aktivitas-multisensori-untuk-anak-dibawah-3-tahun/

 

 


Explore More

Lakukan Percobaan Sains di Rumah, Yuk!

Article- 27 Feb 2017

Cara Mengenalkan Seks pada Balita

Article- 07 Jun 2013

Tips Atasi Anak Stress Saat Hadapi Ujian

Tips & Trick- 11 Mar 2018