Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ini Dia 6 Makanan Sehat di Saat Anak Terserang Flu

 

Featured Story

Cegah Penyakit Kulit dari Hewan Peliharaan

Saat sakit tubuh butuh stamina yang baik untuk mencegah penyakit semakin parah dan mempercepat kesembuhan, salah satu cara melalui asupan makanan bergizi. Berikut beberapa pilihan makanan yang dapat diberikan kepada anak yang terserang flu.

 

1. Sup ayam

Ingat dulu saat kita sakit, nenek membuatkan kita sup ayam? Nah ternyata para peneliti menemukan fakta bahwa sup ayam memiliki ‘kekuatan’ sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan infeksi saluran pernapasan atas. Sup ayam membantu mengurangi hidung tersumbat dengan mencairkan lendir sehingga dapat meringankan gejala pilek.

 

2. Yogurt

Yogurt kaya akan probiotik, bakteri baik yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan melindungi saluran pencernaan dan melawan bakteri jahat yang dapat menyebabkan penyakit.

 

3. Ubi

Jenis umbi-umbian ini—terutama yang berwarna kuning—sarat dengan vitamin A, nutrisi yang baik bagi sistem kekebalan tubuh. Membantu menjaga jaringan di mulut, usus, dan saluran pernapasan tetap sehat. Agar anak-anak suka, bunda perlu lebih kreatif mengolahnya. Sumber vitamin A lainnya adalah wortel, paprika merah, mangga, dan aprikot kering.

 

4. Bawang putih

Bawang mengandung phytochemical yang membantu tubuh dalam melawan bronkitis dan infeksi lainnya. Bawang putih adalah makanan tepat bagi penderita flu karena bawang putih mengandung antioksidan, dan dipercaya mempunyai peran sebagai antivirus.

 

5. Teh hangat + madu + lemon

Penelitian membuktikan bahwa uap panas dapat membantu meredakan gejala flu seperti hidung tersumbat dan pilek.. 

Untuk anak-anak, secangkir teh hijau yang diberi madu dan tetesan lemon dapat membantu tenggorokan terasa lebih nyaman dan juga meredakan batuk.

 

6. Jus buah dan sayur

Ini adalah makanan yang paling praktis. Bunda dapat meracik jus dari beberapa jenis buah dan sayur. Kuncinya adalah mix and match dalam hal rasa. Ingat si kecil tengah dalam kondisi kurang sehat, jadi perhatikan betul paduan rasa dan penyajiannya agar anak-anak suka dan tertarik meminumnya. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, sayur dan buah kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Istirahat cukup dan pola makan yang sehat merupakan dua syarat penting menjaga kekebalan tubuh saat flu menyerang anak. Namun jangan lupa berikan obat yang efektif. OBH Combi Anak Batuk Plus Flu merupakan pilihan sesuai, dengan komposisi lengkap untuk meredakan batuk dan gejala flu  si Kecil. .

 

Referensi:

https://www.parents.com/recipes/scoop-on-food/5-foods-to-fight-kids-colds-flu/

https://www.webmd.com/cold-and-flu/does-chicken-soup-help-fight-cold -> referensi tidak bisa diakses 

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/07/191922720/6-makanan-jitu-untuk-meredakan-pilek-dan-flu?page=all

https://www.webmd.com/cold-and-flu/qa/what-are-the-best-foods-to-eat-for-a-cold-or-the-flu

https://www.alodokter.com/cari-tahu-fakta-buah-untuk-batuk-di-sini

 

 

 

 

 

 

 

 

Explore More

Melindungi Anak Agar Tak Mudah Sakit

Article- 20 Oct 2015

Etika Bermedia Sosial

Article- 13 Dec 2017

Ide Kreasi Bekal Sekolah

Article- 31 Mar 2017