Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Jangan Asal Tangani Batuk, Pahami Dulu Gejalanya

Batuk adalah salah satu gejala penyakit yang cukup sering menyerang anak-anak. Meskipun beberapa kasus batuk ringan bisa hilang dengan sendirinya, bukan berarti Mom bisa menganggap sepele batuk pada si Kecil. Banyak juga mitos yang beredar menganjurkan bahwa teh hangat atau air rempah rebusan bisa menjadi pertolongan pertama anak. Tapi apakah cara tersebut benar-benar efektif meredakan batuk pada si Kecil? Sebelum mengobati sebaiknya kenali dulu gejalanya ya Mom.

Featured Story

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Harian Ini untuk Jauhkan Anak dari Flu

Dilansir dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), batuk yang terjadi pada anak umumnya merupakan tanda bahwa tubuh sedang berusaha mengeluarkan benda asing yang berada pada saluran pernapasan. Beda gejala beda penanganannya, yuk kenali tanda-tanda yang berbahaya pada si Kecil saat batuk:

1.   Batuk yang Disertai Sesak Napas

Jika anak kesulitan bernapas saat batuk, dapat dilihat dari ciri-cirinya, anak mengeluarkan suara saat menarik napas atau napas berat saat tidur, ini biasanya batuk yang disebabkan oleh virus penyebab radang pada kotak suara dan batang tenggorokan. Batuk ini umum dialami oleh anak usia 6 bulan - 3 tahun. 

Ada pertolongan pertama yang bisa Mom lakukan untuk meredakan batuk , yaitu dengan mengajak si Kecil menghirup uap air panas selama 15-20 menit. Cara ini bisa membantu menghangatkan dan membuka saluran napas, sehingga si Kecil bisa kembali bernafas dengan lega. Bila batuk disertai kesulitan bernapas lebih dari 5 menit dengan warna kulit sekitar mulut berubah, segera bawa ke dokter ya, Mom!

2.   Batuk Berdahak Disertai Pilek

Tanda batuk lainnya yang biasa terjadi pada anak adalah batuk berdahak. Batuk ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri. Batuk berdahak juga bisa dialami anak saat cuaca dingin. Tapi, Mom juga harus perhatikan jika batuk berdahak disertai gejala lainnya seperti pilek, sakit tenggorokan, mata berair, atau bahkan nafsu makan menurun, kondisi ini harus segera diperiksakan ke dokter untuk diberi penanganan pertama. 

3.   Batuk Disertai Demam

Batuk disertai demam yang berlangsung berhari-hari merupakan tanda berbahaya dan harus segera ditangani dokter. Apabila tidak ditangani dengan baik, suara anak bisa menjadi serak dan ritme napas meningkat. Sebagai pertolongan pertama sambil menunggu penanganan dokter, Mom bisa berikan kompres air hangat pada dahi dan memastikan si Kecil minum air yang cukup agar tetap terhidrasi. 

Semoga informasi di atas bisa menjadi panduan Mom di rumah, ya. Jangan panik saat menangani si Kecil batuk, berikan pertolongan pertama dan apabila belum ada perubahan, segera periksakan ke dokter.

 

Source:

https://www.halodoc.com/artikel/4-tanda-batuk-yang-berbahaya-pada-anak

 https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/gejala-anak/penyakit-penyebab-batuk- pada-anak/

 https://www.alodokter.com/ketika-anak-demam-tinggi-orang-tua-sebaiknya-jangan-panik

https://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/batuk-lawan-atau-kawan

 

Explore More

"Sabar, ya, Nak!"

Tips & Trick- 07 Oct 2015

Belajar Sambil Bermain Sesuai Umur Anak

Tips & Trick- 13 Apr 2015

Apa Itu Uang?

Article- 18 Aug 2014