Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Manfaat Tidur Siang untuk Si Kecil yang Mungkin Moms Belum Tahu

Featured Story

Ajarkan Anak Perbedaan Bentuk Obat dan Cara Konsumsinya

Saat siang hari, pernahkah Moms merasa bahwa si Kecil seringkali tidak mau tidur siang, baik karena bermain, menonton kartun kesukaannya, atau hal lainnya? Walaupun tidur siang bagi si Kecil tidak memerlukan waktu yang lama, yaitu sekitar 1-2 jam per harinya, namun manfaatnya beragam bagi tumbuh kembang si Kecil lho, Moms. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Meningkatkan Pertumbuhan

Berdasarkan hasil penelitian Harvard University, seorang anak yang rutin tidur siang memiliki tumbuh kembang yang baik karena keluarnya hormon pertumbuhan pada si Kecil.

 2. Membuat si Kecil Berenergi

Sama halnya dengan orang dewasa, tidur siang pada si Kecil dapat membantu mengisi ulang energinya sehingga tubuh mereka akan terasa lebih segar. Terlebih ketika si Kecil telah melakukan hal yang membutuhkan aktivitas fisik seperti belajar dan bermain. 

 3. Daya Ingat dan Konsentrasi yang Kuat

Manfaat tidur siang juga dapat meningkatkan konsentrasi maupun daya ingat si Kecil dalam menyerap informasi. Manfaat ini tentunya akan mendukung proses belajar anak menjadi lebih optimal. 

Bagaimana Cara Agar si Kecil Mau Terbiasa Tidur Siang?

Terkadang, siang hari membuat si Kecil terlalu asyik dengan kegiatannya, sehingga Moms sering kali merasa kesulitan untuk mengajaknya tidur siang. Oleh karena itu, Moms bisa memulainya dengan cara-cara berikut:

  • Atur rutinitas tidur siang setiap hari sejak dini dan pada jam yang teratur sehingga Moms bisa membagi waktu untuk aktivitas harian si Kecil.

  • Menciptakan suasana tidur yang nyaman, seperti membacakan dongeng atau mengatur suhu ruangan yang tepat.

  • Tidak perlu terlalu memaksa si Kecil untuk tidur siang Moms, karena hal tersebut akan membuatnya kesal. Moms bisa memulai dari memberi tahu si Kecil mengenai manfaat tidur siang secara perlahan.

Sebagai #SuporterAnakNo1, Moms perlu ingat bahwa jam tidur si Kecil memiliki durasi yang lebih panjang dibandingkan orang dewasa, sehingga Moms tidak perlu membatasi waktu tidur siang si Kecil, ya!


Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3634629/manfaat-tidur-siang-bagi-anak-apa-saja

 

https://sahabatnestle.co.id/content/pola-tidur/tidur-siang-bagi-anak-anak-wajib-nggak-sih.html

Explore More

Tips Mengatasi Kemarahan Anak Tanpa...

Tips & Trick- 06 Aug 2013

Merencanakan Pesta Akhir Tahun untuk Anak...

Tips & Trick- 17 Dec 2013

Nutrisi Untuk Tumbuh Optimal

Article- 29 Mar 2017