Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mengatasi Demam Panggung pada Anak

Apakah Si Kecil sering tiba-tiba merasa sakit, gelisah, atau lupa apa yang harus diucapkan sebelum tampil di depan sekolah atau kelasnya, Mom? Jika iya, kemungkinan Si Kecil sedang mengalami apa yang dinamakan demam panggung.

Featured Story

Ajari Disiplin pada Anak, Step by Step

 

Demam panggung adalah kondisi dimana seseorang merasa terlalu takut saat harus tampil di depan banyak orang. Hal ini umum dirasakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Padahal, dengan terbiasa tampil di depan umum anak bisa belajar untuk menyuarakan pendapat dan memberi pengaruh bagi orang lain, meningkatkan kemampuan sosialnya, menimbulkan rasa percaya diri, serta menaklukkan rasa takutnya.

 

Lalu, bagaimana caranya untuk mengatasi anak yang demam panggung dan melatih mereka agar berani tampil? Mom bisa lakukan beberapa hal di bawah ini:

 

Bantu Ia Mengerti Kecemasannya

Teman-teman Si Kecil mungkin banyak yang tidak mengalami demam panggung dan bisa tampil dengan lancar. Tapi, setiap anak berbeda-beda. Bantu Si Kecil untuk memahami bahwa ketakutannya adalah hal yang wajar dirasakan semua orang. Tetap dukung Si Kecil dengan sabar dan jangan biarkan rasa takutnya mengganggu persiapannya.

 

Perbanyak Latihan Bersama

Lakukan latihan sesering mungkin agar Si Kecil lebih menguasai apa yang harus ia lakukan dan ucapkan saat tampil nanti, sehingga ia bisa merasa lebih tenang dan nyaman. Mom bisa ajak ia berbicara di depan cermin, rekam sesi latihannya di rumah, dan minta ia tampil di depan seluruh keluarga. Pastikan Mom selalu memberi apresiasi dan menemukan cara berlatih yang nyaman untuk Si Kecil, ya.

 

Biasakan Si Kecil untuk Banyak Berinteraksi

Coba bawa Si Kecil ke tempat dimana ia bisa bertemu banyak teman baru, karena ia biasanya lebih nyaman saat berinteraksi dengan teman sebayanya. Dengan begitu, Si Kecil bisa melatih kemampuan bersosialisasi dan meningkatkan rasa percaya dirinya. Mom juga perlu aktif mengajaknya berbicara dan memberi contoh cara bersosialisasi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Ciptakan Rasa Tenang Menjelang Penampilannya

Untuk meredakan rasa cemas, ajari Si Kecil untuk memejamkan mata dan mengambil napas dalam-dalam setidaknya 10 kali sebelum ia tampil. Beri juga ia keyakinan bahwa Mom akan selalu ada dan mendampingi. Ingat, Mom juga tidak boleh terlihat panik atau gugup di depannya.

 

Ajak Ia untuk Fokus pada Penampilannya Saja

Salah satu penyebab demam panggung anak adalah ketakutan akan reaksi orang-orang yang menontonnya. Mom perlu meyakinkan Si Kecil bahwa yang terpenting adalah penampilannya, bukan para penonton. Si Kecil juga bisa menyiasati rasa gugupnya dengan mengalihkan pandangannya pada dahi, kepala, atau rambut orang yang menontonnya.

 

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan, Si Kecil akan lebih berani menghadapi demam panggungnya. Tapi selain melatih mentalnya, Mom juga perlu memperhatikan kesehatan Si Kecil. Sematang apa pun persiapan mentalnya, kondisi tubuh yang tidak fit akan mengganggu penampilannya. Saat Si Kecil terkena batuk dan flu misalnya, segera berikan ia OBH Combi Anak Batuk Plus Flu. Semoga berhasil, Mom!

 

Referensi:

Explore More

Cara Terbaik Untuk Menurunkan Demam Anak

Article- 05 Oct 2016

Penting! Jangan Sampai Melewatkan Sarapan

Article- 18 May 2015

Bila Si Kecil Mengalami Luka, Apa yang...

Tips & Trick- 08 Dec 2015