Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mitos Seputar Flu pada Anak yang Perlu Anda Ketahui

Flu adalah salah satu penyakit paling umum yang diderita anak maupun orang dewasa di segala musim. Sayangnya, mungkin masih banyak orang tua yang percaya mitos-mitos tentang flu sehingga Si Kecil tidak dapat ditangani dengan tepat. Supaya tidak salah kaprah, yuk pelajari beberapa mitos seputar flu dan fakta di baliknya.

Featured Story

Cara Tepat Miliki Pola Makan Sehat dalam Bujet Ketat

 

Flu bukan penyakit serius

Banyak yang menyepelekan flu bahkan tidak menangani flu dengan baik. Padahal untuk anak-anak yang kekebalan tubuhnya belum sempurna, flu bisa berisiko fatal. Ada baiknya jika Mom meredakan gejalanya dengan obat atau hubungi dokter jika flu terus berlanjut.

 

Vaksin flu saja sudah cukup untuk membuat anak kebal dari flu

Nyatanya, vaksin flu membutuhkan waktu 1-2 minggu untuk bisa mulai bekerja dan ada banyak langkah lain yang bisa Mom lakukan untuk mencegah anak terjangkit flu. Contohnya menghindari kontak dengan orang-orang yang sedang flu, ajari anak untuk sering mencuci tangannya dengan sabun, selalu penuhi kebutuhan cairannya, dan lain-lain.

 

Udara dingin adalah penyebab utama flu

Penyebab utama flu tetaplah virus influenza. Akan tetapi, saat cuaca dingin anak cenderung jarang terpapar sinar matahari yang berperan dalam pembentukan vitamin D untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, suhu dan kelembapan yang rendah juga membuat beberapa virus lebih mudah menyebar, termasuk virus influenza.

 

Minuman hangat atau makanan berkuah bisa mengobati flu

Minuman dan makanan tersebut memang bisa membantu meredakan gejala flu seperti radang tenggorokan dan menyediakan asupan cairan tubuh yang dibutuhkan. Akan tetapi, itu saja tidak cukup untuk mengobati flu.

 

Pilek = Flu

Pilek dan flu memang memiliki gejala yang mirip, tapi anak yang pilek belum tentu terkena flu. Pilek disebabkan alergi atau virus Rhinovirus, sedangkan flu disebabkan virus influenza. Mom bisa berikan sirup OBH Combi Anak Batuk Plus Flu saat Si Kecil terkena batuk dan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. OBH Combi Anak Batuk Plus Flu tersedia dalam pilihan rasa yang disukai Si Kecil, yaitu Stroberi, Madu, Apel, dan Jeruk.

 

Referensi:

https://sains.kompas.com/read/2019/08/18/120000523/jangan-disamakan-lagi-ini-beda-pilek-dan-flu?page=all

https://www.halodoc.com/ini-4-mitos-flu-yang-masih-dipercaya-hingga-kini

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191202193651-255-453500/alasan-tubuh-rentan-sakit-saat-cuaca-dingin

https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/10-flu-myths

https://www.ucsfhealth.org/education/top-seven-flu-myths-debunked

https://parenting.orami.co.id/magazine/mitos-penyakit-flu/

 

 

Explore More

Tips Pendidikan Seks Sejak Dini

Tips & Trick- 04 Jun 2013

Mendampingi Proses Belajar Si Buah Hati

Article- 05 Aug 2015

Cara Seru Perkenalkan Anak pada...

Tips & Trick- 30 Jun 2019