Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Moms, Hindari Memberikan Beberapa Makanan Ini saat Si Kecil sedang Batuk, Ya!

Sistem kekebalan tubuh si Kecil belum berkembang dengan baik dibandingkan dengan orang dewasa, oleh karena itu virus lebih mudah masuk ke dalam tubuhnya. Makanya anak lebih rentan terkena batuk dan pilek. 

Featured Story

Sarapan Sehat


Batuk dan pilek sering datang bersamaan, karena bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat hidung atau tenggorokan si Kecil mengalami infeksi.


Ketika si Kecil sedang terserang batuk dan pilek, alangkah baiknya Moms menghindari dulu memberikan beberapa makanan ini untuk dikonsumsi oleh anak, ya!


1. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi

Cokelat, permen, atau kue biasanya menjadi makanan favorit si Kecil karena rasanya yang manis. Namun ketika anak sedang batuk, hal tersebut sebaiknya dihindari terlebih dahulu, kandungan gula yang tinggi akan menempel di dinding tenggorokan dan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman atau gatal.


2. Makanan dengan kandungan minyak yang tinggi

Makanan yang digoreng memang lebih mudah disajikan oleh Moms untuk si Kecil, tapi kandungan minyak di dalamnya justru bisa memicu reaksi gatal yang dapat menyebabkan anak menjadi batuk, lho!


3. Makanan cepat saji

Moms sebaiknya jangan dulu memberi si Kecil makanan cepat saji ketika sedang batuk dan pilek, selain kandungan gizi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk tubuh si Kecil pada makanan jenis ini sangat sedikit, makanan cepat saji dapat merangsang produksi lendir yang memperparah batuk dan pilek.


4. Makanan pedas

Maksud makanan pedas di sini memang bukan yang biasa orang dewasa konsumsi, tapi pedas yang tidak berlebihan. Namun hal itu sebaiknya dihindari dulu, karena dalam cabai terdapat zat aktif bernama capsaicin yang panasnya bisa membuat tubuh si Kecil memproduksi dahak lebih banyak.


5. Makanan yang mengandung alergen

Seperti kacang-kacangan, susu sapi, makanan laut, dan yang lainnya, hal itu bisa memberikan reaksi alergi yang berbeda pada tiap orang, salah satunya adalah batuk. Jika si Kecil punya riwayat alergi pada beberapa makanan tertentu, pastikan Moms hindari, ya!


Menjadi #SuporterAnakNo1 itu bisa dilakukan dengan cara memberikan beberapa makanan di bawah ini agar asupan nutrisi anak terpenuhi ketika dia sedang batuk dan pilek:


1. Sup ayam

Hangatnya sup bisa memberikan rasa lega untuk tenggorokan, ditambah daging ayam di dalam sup mengandung protein yang dapat membantu mengoptimalkan fungsi organ-organ di dalam tubuh si Kecil.


2. Pisang 

Teksturnya yang lembut memudahkan si Kecil untuk mengunyah ketika tenggorokannya tidak nyaman akibat batuk, selain itu pisang juga memiliki kandungan tinggi kalori. Hal tersebut bisa menjadi tambahan energi di dalam tubuh anak untuk bantu melawan penyakit.


3. Sayuran berkandungan vitamin C tinggi

Beberapa sayuran dengan kandungan vitamin C yang tinggi di antaranya adalah brokoli, labu kuning, dan kubis. Harus Moms ketahui, bahwa vitamin C itu memiliki peran penting untuk melawan virus atau bakteri yang menyebabkan si Kecil batuk, lho!


Itulah beberapa anjuran makanan dan yang harus Moms hindari saat si Kecil batuk dan pilek . Jika batuk dan pileknya tidak kunjung membaik, redakan dengan obat batuk ya, Moms!

Explore More

Memberi Komputer Tablet Kepada Balita,...

Tips & Trick- 23 Sep 2016

Penyakit Umum Pada Anak

Article- 24 Mar 2015

Jadilah Sahabat Bagi Anak

Article- 09 Jan 2015