Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Si Kecil Lagi Batuk dan Pilek, Bolehkah Diimunisasi?

Moms, tahukah kalau imunisasi pada si Kecil bisa meminimalisir kemungkinan terkena penyakit tertentu? Tapi, sebelum mengajak anak imunisasi, yuk, cari tahu dulu seputar faktanya!

Featured Story

Cegah Flu dan Batuk Pada Anak dengan 10 Makanan Ini!


Perlu Moms pahami, imunisasi merupakan proses memasukkan virus atau bakteri yang sudah dilemahkan atau dimatikan (tergantung jenis penyakit yang ingin dicegah) yang kemudian disuntikan ke dalam tubuh si Kecil guna membangun kekebalan tubuh.


Pada pemberian imunisasi lewat suntikan, biasanya tubuh si Kecil akan merespon dengan beberapa hal seperti gatal, demam, dan nyeri di sekitar bekas suntikan. 


Moms mungkin pernah bertanya-tanya, apakah boleh si Kecil diimunisasi ketika sedang mengalami batuk dan pilek?


Dilansir dari wawancara dr. Meta Hanindita dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya dengan detikHealth, menurutnya, Moms masih bisa mengajak si Kecil untuk pergi melakukan imunisasi walau sedang batuk dan pilek, selama masih tergolong ringan karena hal itu bukanlah sebuah pantangan anak diimunisasi.


Dr. Meta Hanindita lanjut menjelaskan, “Namun jika anak demam tinggi di mana suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius, imunisasi harus ditunda.” Karena hal tersebut bisa menyebabkan si Kecil makin tambah sakit. 


Menunda imunisasi si Kecil ketika dia sedang demam tinggi sangat disarankan demi kesehatan dan keselamatannya. Jadi alangkah baiknya jika Moms mengajak si Kecil diimunisasi saat kondisinya sudah dipastikan sedang fit, ya!


Ketika si Kecil akan diimunisasi, Moms juga tidak boleh sampai lupa menyampaikan alergi yang dimiliki anak kepada dokter yang mengimunisasinya karena ada beberapa vaksin yang memiliki reaksi berbahaya untuk tubuh dengan alergi tertentu.


Sebagai #SuporterAnakNo1, Moms tidak boleh menunda imunisasi si Kecil, ketika dia sedang dalam keadaan sehat, segera lakukan hal tersebut, karena menundanya bisa meningkatkan resiko anak untuk terkena penyakit, lho!


Sekarang ini akses untuk mendapatkan imunisasi sudah mudah karena tersedia di banyak fasilitas kesehatan, yuk jaga kesehatan si kecil dengan imunisasi! Kalau gejala batuk dan pilek pada anak masih membandel, redakan dengan obat batuk dan flu ya, Moms!


Sumber:


https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/imunisasi/efek-samping-imunisasi/

https://www.alodokter.com/ibu-tepati-jadwal-imunisasi-demi-keselamatan-buah-hati

https://health.detik.com/anak-dan-remaja/d-2928265/anak-diimunisasi-saat-sedang-batuk-atau-pilek-boleh-atau-tidak

Explore More

Tips: Mengajarkan Konsep Waktu Pada Si...

Tips & Trick- 30 Sep 2011

Mengapa Aku Tidak Boleh Menyontek, Mom?

Article- 30 Oct 2014

Mulai Aktivias di Luar Rumah, Ini 3...

Article- 23 Dec 2021