Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tangkis Batpil dengan Memperkuat Imunitas Anak

Featured Story

Membiasakan Anak Hidup Bersih

Aduh, sedikit-sedikit sakit. Apakah anak kecil memang sering sekali kena batuk pilek, ya? Hal ini terjadi karena sistem imunitas Si Kecil yang belum matang. Kita pun dapat membantunya untuk meningkatkan imunitas tubuh agar semakin kuat.

 

Anak terlahir dengan imunitas yang belum sempurna, itu sebabnya mereka cukup sering mengalami sakit saat masih balita. Jika anak sakit (batuk pilek, demam, atau infeksi telinga) sebanyak 6-8 kali setahun, hal ini masih dianggap wajar. Namun demikian, orangtua juga dapat melakukan beberapa hal agar bisa meningkatkan imunitas anak sehingga tak mudah sakit.

 

Berikut beberapa diantaranya:

 

1. Menyusui bayi

Sesuai dengan anjuran IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), sebaiknya bayi baru lahir diberi ASI hingga 2 tahun pertama hidupnya. ASI mengandung begitu banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi anak, termasuk meningkatkan imunitas tubuh. Kolostrum, ASI yang berwarna kekuningan di beberapa hari pertama menyusui, mengandung zat antibodi yang tinggi yang dibutuhkan anak.

  

2. Mengatur pola makan sehat

Leo A. Heitlingar, MD, dokter ahli gastroenterologi, hepatologi, dan nutrisi dari American Academy of Pediatrics menyampaikan, “Makanan sangat berperan penting dalam membangun sistem imunitas yang baik.”. Selain protein, makanan yang perlu diberikan pada anak adalah sayur dan buah-buahan. Wortel, jeruk, stroberi dan kacang-kacangan berwarna hijau (kapri, polong, dan lainnya), mengandung fitonutrien yang dapat mendorong imunitas tubuh.

 

3. Menjaga mikrobiota baik

Di dalam pencernaan manusia hidup mikrobiota baik yang berfungsi untuk membantu penyerapan nutrisi, sekaligus meningkatkan kemampuan tubuh memerangi penyakit. Salah satu cara agar jumlah mikrobiota baik ini selalu terjaga, berikan makanan yang kaya akan probiotik pada anak. Makanan tersebut antara lain yoghurt dan kefir, berkonsultasilah pada dokter untuk pemberian probiotik bagi anak di bawah 5 tahun.

 

4. Cukupi kebutuhan tidur anak

Kurang tidur dapat mengakibatkan berkurangnya sel-sel pembunuh kuman penyakit (killer cells) yang menjadi ujung tombak sistem imunitas tubuh kita. Bayi baru lahir membutuhkan 18 jam sehari untuk tidur, batita antara 12-13 jam, dan anak-anak prasekolah kurang lebih 10 jam. Ciptakan lingkungan yang nyaman, redup, dan bebas alat elektronik, agar melatonin (hormon tidur) dapat bekerja dengan baik.

 

5. Ajak anak berolahraga bersama

Manfaat olah tubuh bagi sistem imunitas sudah tak perlu diragukan lagi. Berolahraga melancarkan peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini membuat sistem imunitas tubuh pun berjalan dengan baik. Agar berolahraga menjadi sebuah kebiasaan, jangan hanya meminta anak untuk bermain di luar rumah, tapi ajak ia melakukan olahraga bersama secara teratur.

 

6. Cegah anak stres

Menjadi anak di era milenial seperti sekarang ini memang tidak mudah. Tingginya tuntutan dari orangtua dan lingkungan membuat anak semakin tinggi kadar kecemasannya. Padahal, stres dapat meningkatkan kadar adrenalin dan kortisol di dalam darah, dan hal ini dapat menurunkan imunitas tubuh. Oleh karena itu, usahakan agar anak tidak mengalami stres atau cemas yang berlebihan. 

 

7. Jangan merokok dekat anak

Rokok mengandung 4.000 bahan kimia berbahaya (beracun) yang dapat mengganggu sistem imunitas tubuh, terutama pada anak. Jika anak terpajan asap rokok sejak kecil, maka tubuhnya akan sulit melakukan detoksifikasi. Anak dengan orangtua perokok dan menjadi ‘perokok kedua’ karena sering menghirup asap rokok, memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk terkena asma, infeksi telinga, bahkan SIDS (sudden infant death syndrome atau meninggal saat tidur).

 

Namun demikian, walapun segala usaha sudah dilakukan, anak bisa saja tetap sakit. Anda tak perlu merasa ‘gagal’ melindunginya. Demam maupun batuk pilek sebenarnya adalah proses alami tubuh dalam memperkuat sistem imunitasnya. Untuk meredakan batuk dan gejala flu, Anda dapat memberikan Si Kecil OBH Combi Batuk Plus Flu Anak dengan berbagai rasa , seperti stroberi, madu, apel, dan jeruk.

 

Referensi:

·       https://www.parents.com/health/cold-flu/cold/boost-childs-immunity/

·       https://www.mindbodygreen.com/0-13175/6-ways-to-boost-your-childs-immune-system.html

·       https://www.webmd.com/parenting/features/immune-system#1

·       https://obhcombi.co.id/batuk-anak

 

 

 

 

Explore More

Apa Cita-citamu, Nak?

Article- 06 Jan 2017

Belajar Makin Seru Lewat Kegiatan Memasak...

Article- 27 Feb 2017

Sopan Berpakaian Santun Dalam Perilaku

Article- 09 Jan 2015