Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tip: Manfaat Bonding dengan Si Buah Hati

Penelitian membuktikan, kedekatan anak dengan orang tua (bonding) berperan penting bagi tumbuh kembang si kecil—terutama di tiga tahun pertama usianya.

Featured Story

Disiplinkan Anak dengan Konsep Punishment and Reward? Pertimbangkan Hal-Hal Berikut Ini

 

Sebuah jurnal di London memuat artikel tentang pentingnya bonding ibu dan anak usia 1-3 tahun, berkenaan dengan kesehatan mental dan imunitas tubuh anak. Hal ini semakin menguatkan fakta pentingnya bonding bagi kehidupan si kecil, di masa kini dan mendatang.

 

Tip: Melakukan bonding secara alami

 

  1. Bonding sejak hamil. Tanpa sadar mungkin ibu sudah melakukan bonding sejak si kecil dalam kandungan, dengan menyanyikan lagu, membelai perut, dan mengajaknya berbicara. Ayah pun dapat melakukannya.
  2. Inisiasi dini menyusui (IDM). Sesudah dilahirkan, letakkan bayi di dada ibu. Biarkan kulit bayi bersentuhan langsung dengan kulit ibu. Inilah langkah awal keberhasilan menyusui.
  3. Menyusui adalah bonding terbaik. Saat menyusui terjadi kontak seluruh panca indera si kecil dan ibu; kontak mata, suara ibu, dan belaian ibu memberikan ketenangan bagi anak. Berikan ASI eksklusif 6 bulan, dan lanjutkan hingga 2 tahun.
  4. Bonding dapat dilakukan dalam aktivitas sehari-hari;

·       mendongeng atau beryanyi sebagai pengantar tidur

·       memandikan si kecil

·       melibatkan anak saat memasak, misalnya memintanya mengambilkan wortel, tomat, brokoli, keju, dsb

·       membuat cupcake dan menghiasnya bersama

  1. Jalan-jalan atau berlibur bersama keluarga juga dapat menjadi bonding yang efektif antara orang tua dan anak. Sesekali jadwalkan liburan  mengenal alam sekitar, misalnya camping ‘cantik’ atau glamour camping (glamping).

 

Apa manfaat bonding?

Bonding berkenaan dengan naluri ibu dalam upaya memberi rasa aman dan nyaman kepada bayinya, yang dimulai sejak si kecil masih berada di kandungan. Komunikasi si kecil mungkin berupa tendangan kecil dalam perut yang membuat ibu menepuk lembut. Sebaliknya, bayi di dalam rahim mulai mengenal ibunya lewat suara ibu yang didengarnya. Masih banyak lagi manfaat dari bonding, antara lain;

  1. Pelukan ibu adalah stimulasi sensorik yang dibutuhkan untuk pertumbuhan kognitif yang sehat dan tubuh yang kuat.
  2. Dengan bonding berupa pelukan, terjadi pembentukan hormon oksitosin atau yang dikenal sebagai hormon cinta. Ini memberi efek penting pada stimulasi pertumbuhan si kecil. Penelitian membuktikan bahwa meningkatnya oksitosin berimbas pada peningkatan hormon pertumbuhan (growth factor) serta pertumbuhan saraf (neuro growth factor).
  3. Bonding meningkatkan imunitas anak, memberi efek menenangkan sistem saraf anak, dan menghilangkan kecemasan pada anak.
  4. Bonding merupakan cara efektif melakukan stimulasi untuk si kecil yang memiliki golden period di 2-3 tahun awal kehidupannya. Stimulasi yang baik akan mencerdaskan anak.
  5. Selain bermanfaat bagi si kecil, bonding juga memberi efek positif pada ibu. Pada ibu yang menyusui, tangisan bayi akan merangsang pengeluaran ASI, dengan demikian ibu lebih lancar menyusui tanpa ada pembengkakan payudara.
  6. Bonding yang baik membuat ibu paham akan kebutuhan si kecil. Karenanya saat si kecil tengah terserang batuk dan gejala flu, ibu tahu pilihan yang sesuai, yaitu OBH Combi Anak Batuk Plus Flu Sirup.

 

Keterikatan orang tua dan anak bukan sesuatu yang instan. Lakukan sedini mungkin, karena masa kanak-kanak tidak mungkin akan kembali lagi. Pelukan ibu dan ayah adalah energi besar bagi anak.

 

Referensi:

https://www.webmd.com/parenting/baby/forming-a-bond-with-your-baby-why-it-isnt-always-immediate#1

https://kidshealth.org/en/parents/bonding.html

https://id.theasianparent.com/tips-menguatkan-ikatan-ibu-dan-bayi

http://www.imom.com/8-great-ways-to-bond-with-your-child/#.XeCbidWFO2w

https://www.parentingforbrain.com/children-hugging/

 

Explore More

Membatasi Kebiasaan Jajan

Article- 18 May 2015

5 Cara Mudah Menelusuri Minat Anak Sejak...

Article- 31 Oct 2016

Empati Ada Di Setiap Tahapan Usia

Article- 26 Sep 2014