Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Anak Terpisah di Tempat Umum? Ajarkan Ini Sebelumnya!

Mal atau tempat wisata sering jadi pilihan keluarga untuk menghabiskan waktu luang, baik di akhir pekan maupun liburan sekolah. Bisa ditebak, kondisinya pun selalu ramai oleh pengunjung bahkan hingga berdesak-desakan. Kalau sudah begini, orangtua mana pun pasti panik saat anak tiba-tiba menghilang. Rasa ingin tahunya yang besar membuatnya senang bereksplorasi dan cenderung mengikuti keramaian. 

Featured Story

Singkirkan Gadget, Kenalkan Permainan Tradisional Ini pada Anak

Yuk, lakukan antisipasi ini saat anak terpisah di tempat umum.

  1. Mengetahui Identitas Pribadinya

     

    Sebelum bepergian, pastikan Mom sudah mengajarkan anak tentang identitas pribadinya. Mulai dari nama lengkap, nama orangtua, dan alamat rumahnya. Hal ini akan memudahkan pihak keamanan atau orang-orang yang menemukan anak untuk menyebarkan informasi ini lewat pengeras suara. Jika anak kesulitan mengingatnya, beritahukan anak ada kertas berisi data dirinya yang disimpan di saku celana atau tasnya.

  2. Memiliki Kode Rahasia

     

    Walau sudah diingatkan untuk selalu berada dekat dengan Mom, anak terkadang bisa lepas dari pandangan dan kehilangan jejaknya. Biasanya reaksi pertama anak saat menyadari ia terpisah dari keluarganya adalah menangis. Ketimbang orangtua dan anak-anak sama-sama panik, buatlah sebuah kode rahasia. Sebelum pergi, ingatkan anak untuk diam di tempat saat terpisah dan meneriakkan kode tersebut.

  3. Mengetahui Identitas Orangtua

     

    Selain data diri, sebaiknya anak juga mengetahui identitas orangtua untuk memudahkan orang-orang membantu mempertemukannya dengan keluarganya. Mulai dari nama lengkap orangtua, alamat rumah, hingga nomer telepon. Jika kesulitan mengingatnya, tidak ada salahnya menyisipkan kartu nama Mom di jaket maupun tas yang dibawanya.

  4. Mencari Bantuan pada Orang yang Tepat

     

    Anak yang memiliki sifat ramah dan supel memang menyenangkan karena mudah akrab dan beradaptasi dengan orang baru. Tapi Mom wajib menasihatinya agar tetap berhati-hati dengan orang yang baru saja ditemui karena tidak semua orang bermaksud baik. 

    Ingatkan juga agar anak tidak mudah menerima pemberian atau ajakan orang lain tanpa seijin orangtua. Jika terpisah di keramaian, beritahukan sebelumnya untuk mencari pertolongan pada pihak security tempat umum atau ibu-ibu yang membawa anak.

    Selain mengajarkan hal-hal ini pada anak-anak, sebagai orangtua Mom juga dapat memanggil nama si kecil kencang-kencang, menunjukkan foto terakhirnya, menjelaskan identitasnya, dan tetap waspada saat berada di keramaian. Tetap tenang saat menghadapi masalah ini ya, Mom!

Mamanya Chrisna
artikel yg bagus
Mamanya Chrisna
artikel yg bagus
Explore More

Terapkan Bahasa Cinta dalam...

Article- 04 Nov 2011

Membalas atau Mengalah

Article- 08 Dec 2014

Optimalkan Kecerdasan Anak Melalui...

Article- 31 Oct 2016